Cold Storage PPI Poumako Belum Bisa Difungsikan

Selasa, 19 Nov 2019 10:08 WIT
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy (Foto: Anya/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika Leentje Siwabessy mengatakan uji coba cold storage PPI (Pelabuhan Pendaratan Ikan) Poumako yang dikelola PT Perinus  masih terkendala pasokan listrik.

Leentje dibTimika Senin (18/11) menuturkan, voltase listrik yang saat ini terpasang tidak stabil. Hal ini menyebabkan seluruh fasilitas di cold storage belum bisa dimanfaatkan. Arus listrik yang dibutuhkan setiap mesin agar bisa stabil ialah sebesar 360 KVA.

Meski demikian kata dia PT Perinus saat ini sudah melakukan uji coba dan dipastikan beberapa waktu kedepan semua fasilitas sudah bisa difungsikan.

"Kami juga sudah menyurat ke PLN supaya bisa lihat persoalan ini," katanya. 

Lebih lanjut, Leentje menyebutkan permasalahan kekurangan pasokan listrik ini juga telah diberitahukan kepada bagian logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai penanggungjawab SKPT cold storage untuk mendatangkan teknisi untuk menangani mesin-mesin yang ada.

"Sekarang teknisi sudah datang dan ternyata semua mesinnya tidak bermasalah tetapi memamg persoalan voltase saja yang turun naik," jelasnya.

Kapasitas cold storage saat ini mencapai 2pp Ton. Sehingga PT Perinus diharapkan bisa secepatnya menjalankan fungsi serta selalu rutin melaporkan jumlah hasil laut yang dibeli dari nelayan termasuk jumlah yang dikirim ke luar Papua baik di dalam maupun di luar negeri.

Katanya, berdasarkan kerjasama yang ditandatangani pada Oktober lalu, PT Perinus sepenuhnya mengelola cold storage, tetapi mereka juga diwajibkan untuk melaporkan hasil-hasil pembelian dari nelayan dan juga penjualan ke luar daerah kepada pemerintah daerah.

"Intinya harus tetap dikendalikan pemerintah," kata Leentje.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

 

 

Kategori:
Bagikan