Tanggal Pelantikan Anggota DPRD Mimika Terpilih Tunggu Keputusan Gubernur

Selasa, 19 Nov 2019 13:35 WIT
Wabup Mimika Johannes Rettob didampingi Kapolres AKBP I.G.G.Era Adhinata dan Ketua PN Timika Sony Alfian B. Laoemoery saat diwawancara. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika periode 2019-2024 masih menunggu keputusan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe. 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kabupaten Mimika Johannes Rettob yang ditemui usai mengikuti pertemuan Panitia Pelantikan yang berlangsung diruang VIP DPRD Mimika, Selasa (19/11). 

Sebelumnya, direncanakan pelantikan dewan terpilih tersebut dilakukan pada tanggal 24 November 2019 mendatang, sesuai batas waktu masa jabatan anggota dewan yang lama. 

"Untuk kepastian tanggal pelantikannya masih akan didiskusikan dengan Gubernur dulu karena berhubung tanggal 24 November nanti jatuh pada hari minggu jadi kita harus minta izin  dulu dari Gubernur kira-kira sarannya bagaimana," ungkapnya. 

Wabup John menambahkan, kalaupun pelantikan tetap dilaksanakan pada 24 November 2019 sesuai jadwal sebelumnya, panitia sudah sangat siap meskipun tinggal lima hari lagi. 

Kapolres Mimika AKBP I G G Era Adhinata saat mendampingi Wabup menjelaskan terkait kesiapan pengamanan yang akan dilakukan saat pelantikan DPRD berlangsung. 

"Untuk situasi pengamanan nanti kita akan undang semua unsur keamanan, kekuatan kita besar," jelasnya. 

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya pergerakan yang dapat menimbulkan kericuhan pada pelantikan nanti akan selalu diselidiki dan dilakukan deteksi dini baik dari unsur intelijen maupun keamanan terbuka. 

"Jika ada pihak-pihak yang merasa kecewa dan menimbulkan hal yang tidak semestinya akan menempuh jalur hukum," tegas Kapolres Era. 

Untuk kelancaran pelaksanaan pelantikan berjalan lancar pengamanan akan difokuskan pada Gedung DPRD Kabupaten Mimika. 

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Sony Alfian B. Laoemoery yang nantinya akan melantik anggota DPRD periode baru juga mengungkapkan terkait pelaksanaan pelantikan nanti. 

Katanya, untuk pelaksanaan pelantikan secara umum ada pada panitia pelaksana. Namun, yang menjadi point pentingnya nanti adanya pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur sekaligus sambutan gubernur. 

"Untuk pengambilan sumpah dan melantik anggota DPRD itu akan diambil alih oleh saya sendiri ketua PN Timika, dan selanjutnya pembacaan SK Gubernur serta sambutannya entah nantinya akan dihadiri langsung ataukah diwakilkan Bupati kita liat nanti," ungkap Sony. 

"Intinya kita semua mendukung jalannya pelantikan nanti, dengan harapan agar Mimika punya anggota dewan yang bisa bekerja full time sesuai dengan masa periode 2019 - 2024," pungkasnya. 


Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

Kategori:
Bagikan