Freeport Investigasi Kecelakaan Kerja di Area Tambang MP 74

Selasa, 19 Nov 2019 22:30 WIT
KECELAKAAN | Petugas safty PT Freeport Indonesia mengevakuasi korban Willem Uju dari lokasi kejadian. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Kecelakaan kerja mengakibatkan seorang pekerja cedera serius terjadi di Mile Point 74, area tambang PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Mimika Papua, Selasa (19/11) siang. 

Vice President Corporate Communications
PT. Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, pihaknya tengah melakukan investigasi pasca insiden yang membuat seorang pekerja dilarikan ke rumah sakit. 

"Saat ini sedang dalam proses investigasi. Satu orang korban karyawan telah dievakuasi ke RS Tembagapura untuk menjalani observasi," kata Riza melalui keterangan tertulis, Selasa malam. 

Kapolsek Tembagapura AKP Hermanto mengatakan, insiden terjadi sekitar pukul 13.20 WIT menyebabkan seorang pekerja atasnama Willem Uju terluka dan sempat dinyatakan kritis. 

Ia menjelaskan, ketika itu korban bersama rekannya sesama operator forklift, Noor Syarif, menaikkan skit via tram 1 dengan muatan counterweight seberat 8 ton.

Muatan yang akan dikirim ke Grasberg tersebut tiba-tiba terjatuh dari ketinggian sekitar 3 meter akibat pisau forklift tidak mampu menahan beban.

"Korban yang berada di atas skit juga ikut jatuh hingga mengakibatkan pendarahan di kepala," kata AKP Hermanto. 

Setelah kejadian, kata Hermanto, security dan tim safety rumah sakit langsung mendatangi tempat kejadian kemudian membawa korban dalam kondisi kritis ke Rumah Sakit Tembagapura di Mile 68. 

"Korban mengalami luka pada bagian dagu, rahang, memar di bagian perut, dan luka-luka di bagian kening,” jelasnya. 

 

Reporter: Sevianto
Editor: Misba

 

 

Kategori:
Bagikan