95 Pendulang Jadi Korban Serangan KKB di Yahukimo

95 Pendulang Jadi Korban Serangan KKB di Yahukimo
Evakuasi korban pembantaian KKB di Yahukimo (Foto: Satgas Damai Cartenz)

JAYAPURA | Total korban serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah pertambangan ilegal, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada 16 Oktober 2023 lalu, mencapai 95 orang.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani menyebut, 13 korban ditemukan dalam keadaan tewas dan 82 orang lainnya selamat dan telah dievakuasi ke Distrik Dekai.

“Total ada 82 orang yang kita evakuasi,”kata Kombes Faizal melalui pesan singkat, Jumat (27/10/2023).

Korban selamat ditemukan selama beberapa hari, yakni pada 17 Oktober 2023, aparat keamanan gabungan berhasil menemukan 16 orang.

Setelah itu, pada 18 Oktober 2023, aparat kembali menemukan 23 orang.

Lalu sehari setelahnya, ada 36 orang ditemukan dalam keadaan selamat.

Pada 24 Oktober 2023 aparat keamanan kembali menemukan tujuh orang korban yang berhasil selamat dari penyerangan tersebut.

Faizal belum dapat memastikan apakah jumlah korban masih bertambah atau tidak karena wilayah yang diserang KKB merupakan kawasan pertambangan ilegal yang tidak dalam pengawasan aparat keamanan.

“Sementara anggota balik semua ke Dekai,”tambah dia.

penulis : Musa
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *