2020 Mimika Ditargetkan Bebas Kaki Gajah

2020 Mimika Ditargetkan Bebas Kaki Gajah
Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan Mimika, Fransiska Kilangin

TIMIKA | Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) di Tahun 2020 mendatang menargetkan masyarakat bebas filariasis atau kaki gajah.

Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan Mimika, Fransiska Kilangin mengatakan, sejak lima tahun terkahir telah dicanangkan bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) yang ditetapkan setiap bulan November.

"Ini sudah tahun kelima untuk kegiatan program minum obat yang diberikan secara gratis oleh puskesmas-puskesmas ke rumah warga ataupun warga yang datang meminta sendiri obat kaki gajah," katanya di Timika, Selasa (26/11).

Tahun ini Dinkes Mimika menargetkan rata-rata 95 persen penduduk Mimika sudah minum obat pencegah kaki gajah di bulan eliminasi kaki gajah ini.

Lanjutnya, penanggungjawab Filariasis dari Puskesmas saat berkunjung ke rumah warga, tidak hanya memberikan obat, tetapi juga memberikan sosialisasi tentang filariasis. 

"Mereka tidak hanya ke rumah warga, tetapi juga ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Dalam satu tahun, masyarakat harus minum obat sebanyak dua kali dan harus rutin selama lima tahun berturut-turut.

"Sekarang kita lagi gencar berikan obat kepada masyarakat. Kita upayakan agar tahun depan Mimika sudah bebas filariasis," tuturnya.

Saat ini, petugas Puskesmas sudah turun untuk memberikan obat pencegahan kaki gajah, karena pada Belkaga pemberian obat kaki gajah harus diminum dua kali dalam satu tahun.

"Dengan begitu kita harap tahun depan kita sudah bebas kaki gajah," ujarnya.

Dijelaskan, penyakit kaki gajah tersebut awalnya timbul bengkak tetapi untuk mengetahui pasti apakah filariasis atau bukan, harus dilakukan pemeriksaan darah.

"Pemeriksaan darah itu bisa dilakukan di 23 Puskesmas di Mimika, karena di Puskesmas juga ada penanggungjawab program filariasis,"jelas Fransiska. 

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar