Mendagri Puji Mimika Paling Siap untuk PON Papua 2020

Jumat, 29 Nov 2019 20:19 WIT
KUNJUNGI | Mendagri Tito Karnavian didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wabup Mimika John Retton dan Sekum KONI Mimika Cesar Avianto Tunya meninjau venue PON di Timika. (Foto: Hadijah Laisouw/SP)

TIMIKA | Menteri  Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan bahwa Kabupaten Mimika, Papua, yang merupakan salah satu kluster berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) di Tanah Papua, Kabupaten Mimika salah satunya yang paling siap. 

"Di Timika ini dengan kemajuan yang sudah ada, saya sangat optimis untuk pelaksanaan PON di Tahun 2020 mendatang," ungkap Tito yang ditemui saat berada di Mimika Sport Complex (MSC), Jumat (29/11). 

Mantan Kapolri ini menjelaskan bahwa walaupun sempat hampir diundur pelaksanaan PON di Tahun 2021 karena belum siapnya beberapa venue di Papua, sehingga dikurangi cabang olahraga dari 47 turun ke 37 cabang olahraga saja, namun sekarang Papua khususnya Mimika sangat siap.

"Kalau untuk di Timika kesiapan menyambut PON dengan 13 cabang olahraga yang akan di pertandingkan nanti itu sudah sangat siap," tegasnya. 

Walaupun masih ada beberapa venue yang dalam proses pembangunan namun Tito optimis itu dapat dipastikan selesai dalam waktu dekat. 

"Walaupun sebagian masih dalam on progres seperti venue biliard, panjat tebing dan aeromodelling saya kira itu tidak terlalu sulit sehingga bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama," katanya. 

Tito juga memuji Mimika Sport Complex yang dibangun PT Freeport Indonesia  layaknya fasilitas kelas internasional serta wisma atlet yang menurutnya begitu representatif.

"Udaranya juga bagus, desainnya bagus desain Papua seperti honay moderen," tambahnya. 

Selain desain MSC yang dibanggakan oleh Tito, ia juga memuji adanya air panas, serta ruang makan, dan juga ruang kamar atlet yang begitu luas dan besar. 

"Saya kira ini sangat dan sangat representatif sekali, ini kelas internasional," kata Tito. 

Ia bahkan secara langsung mengucapkan selamat kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng atas progres venue yang ada di Mimika.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba

 

Kategori:
Bagikan