Kapolres Mimika Terharu Usaha Warga Nawaripi Menjaga Kamtibmas

Sabtu, 30 Nov 2019 22:48 WIT
PERESMIAN | Pos Kamling Nawaripi yang baru diresmikan oleh Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif, masyarakat di Mimika mulai membangun Sistim Keamanan Lingkungan (siskamling) secara swadaya. 

Seperti dilakukan oleh warga Kampung Nawaripi yang sudah membangun Pos Kamling induk Nawaripi. Dimana Pos Kamling ini langsung diresmikan oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Sabtu (30/11) malam, ditandai dengan pembukaan selubung Pos Kamling.

Warga Kampung Nawaripi menyampaikan pernyataan sikap, yang intinya mendukung kamtibmas tetap kondusif dan menolak narkoba masuk ke Kampus Nawaripi.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun mengatakan, pihaknya merasa senang dengan adanya Pos Kamling karena selama ini warga Mimika menganggap Kampung Nawaripi paling rawan.

Namun sejak dirinya menjabat kepala kampung dan lebih mengutamakan kasih dan sayang, sehingga secara perlahan-lahan stigma kerawanan mulai berkurang. 

"Saat ini tukang ojek bisa beroperasi sampai malam. Selain mendukung kamtibmas, kami sudah sepakat dan berkomitmen menolak narkoba," tuturnya.

Sementara Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, pihaknya sangat terharu dengan usaha masyarakat Kampung Nawaripi  menjaga kamtibmas. Kata dia, keberadaan pos kamling ini sangat membantu aparat kepolisian, yang jumlahnya terbatasp. 

"Saya baru dua minggu jabat Kapolres. Dan berupaya untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif," katanya.

Lanjut Kapolres, pendirian Pos Kamling bertujuan menciptakan kamtibmas kondusif. Ini karena Timika merupakan mininya Indonesia. Penduduknya mulai dari Sabang sampai Merauke. Dan untuk masyarakat Papua disini dari beberapa suku.

"Dengan bermacam-macam kelompok masyarakat yang ada ini, maka konflik sosial bisa terjadi. Karenanya perlu diatur dengan baik, agar tidak menggangu kamtibmas," tuturnya.

Ia menambahkan, karenanya pihaknya berharap Pos Kamling bisa didirikan di setiap kampung. Sehingga mempercepat informasi yang terjadi di wilayah tersebut.

"Dengan adanya informasi  yang cepat, maka polisi akan merespon cepat dan mengungkap kasus pun cepat," ujarnya.

 

Reporter : Mujiono
Editor: Batt

 

Kategori:
Bagikan