Persiapan Singkat, Mimika Juara III di Kejurnas Kemenpora U-15 Bogor

Persiapan Singkat, Mimika Juara III di Kejurnas Kemenpora U-15 Bogor
Tim Sepakbola Mimika U-15 juara III Kejurnas Manajemen Kompetisi Kemenpora di Bogor. (Foto: KONI Mimika)

TIMIKA | Prestasi membanggakan ditorehkan Tim Sepakbola Mimika U-15 di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Manajemen Kompetisi (MK) Kemenpora di Bogor, 26 hingga 29 November.

Bagaimana tidak, Mimika yang ditunjuk mewakili Papua mampu meraih juara tiga, walaupun dengan persiapan yang sangat singkat untuk menghadapi tim dengan kesiapan matang. 

Sekretaris Umum KONI Mimika Cessar Avianto Tunya merasa bangga dengan hasil yang dibawa pulang talenta-talenta muda asal Mimika meski berangkat tanpa target juara. 

"Kita bisa sampai semifinal saya pikir itu luar biasa. Apalagi ini Kejurnas, saya pikir semua tim berkualitas," kata Cessar pada jamuan makan malam Tim U-15 Mimika, Sabtu (30/11).

Kompetisi ini diikuti 12 tim mewakili sejumlah provinsi di Indonesia. Tampil perdana, Tim Sepakbola Mimika U-15 di bawah asuhan Doyo Widodo bermain imbang 2-2 melawan Jawa Timur. 

Hari kedua, Mimika bermain dua kali dan memenangkan kedua pertandingan. Menang melawan Jayaputra DKI dengan skor 1-0 dan 2-1 saat mengandaskan Tim Sulawasi Selatan.

 

alt text

Sekretaris Umum KONI Mimika Cessar Avianto Tunya didampingi Pelatih Kepala Tim U-15 Mimika, Doyo Widodo memberikan keterangan pers. (Foto: Sevianto/SP)

 

Masuk semifinal, Tim U-15 Mimika kalah 5-0 dari Astam Banten. Tim Astam Banten akhirnya menjuarai kompetisi ini setelah mengalahkan Riau di partai final. Mimika dan tuan rumah Bogor juara tiga bersama.

"Mewakili Papua tapi kita semua pakai pemain Timika. Saya pikir semua pemain sudah all out. Lolos di penyisihan, masuk semifinal dan meraih juara tiga itu sudah luar biasa," kata Cessar.

Head Coach Tim U-15 Mimika, Doyo Widodo menambahkan, dari sisi persiapan, tim-tim lain jauh lebih matang. Sistem pembinaan dan kompertisi usia dini di daerah lain sudah berjalan sangat baik.

Tim Astam Banten misalnya, sangat baik dalam sistem kompetisi lokal. Bahkan tim usia dini mereka baru saja pulang dari Singa Cup di Singapura.

Sementara ia mempersiapkan Tim Mimika U-15 hanya sekitar dua minggu, terhitung seleksi pemain hingga program latihan. Sewajarnya, program latihan jangka pendek sepakbola minimal tiga bulan. 

"Walau target tidak ada, saya sampaikan ke anak-anak, kita harus berusaha mengharumkan Mimika dan Papua. Pak Cessar sudah pesan agar memaksimalkan anak-anak dan inilah hasilnya," katanya. 

KONI Mimika sebagai pembina prestasi atlet memberikan piagam penghargaan kepada para pemain dan pelatih Tim Sepakbola Mimika U-15 begitu tiba di Timika. 

Bupati Mimika Eltinus Omaleng sebagai Ketua Umum KONI Mimika berkomitmen terus mendorong talenta-talenta muda asli Mimika demi kemajuan olahraga di daerahnya. 

Reporter: Sevianto
Editor: Misba

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *