Ini 5 Potensi Wisata Segera Dikembangkan di Mimika

Ini 5 Potensi Wisata Segera Dikembangkan di Mimika
PANTAI - Pesona Pantai Ipaya yang berada di Distrik Amar, Mimika, Papua . (Foto : Dok /SP)

TIMIKA | Alam Papua khususnya di Kabupaten Mimika, tidak hanya kaya akan mineral tambang seperti emas, tetapi juga menyimpan berbagai potensi wisata yang belum dikelola secara serius. 

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, ada 5 destinasi wisata di Mimika yang segera dikembangkan di awal kepemimpinannya lima tahun ke depan mendampingi Bupati Eltinus Omaleng. 

Pertama, wisata pantai rencananya akan dikembangkan di Kampung Ipaya – Distrik Amar, dan di Kampus Biru – Distrik Mimika Tengah. Kedua kawasan memiliki pantai dengan hamparan pasir cukup panjang. 

"Kita punya pantai yang bagus. Ipaya dan Kampus Biru, untuk wisata pantai sangat bagus jika dikelola," kata John di Timika, Kamis (5/12). 

Kedua, wisata mangrove. Ini bakal menjadi salah satu destinasi unggulan di Mimika. Tidak hanya di kawasan Poumako, pemkab setempat akan mengelola potensi bakau jadi hutan raya hingga di pulau Keakwa. 

"Kita punya mangrove terbaik di dunia. Ada satu jenis mangrove yang hanya ditemukan di Mimika, tidak ditemukan di seluruh dunia. Ciri-cirinya, memiliki pohon tegak lurus mencapai tinggi 30an meter, ada di Keakwa," kata John.

IKLAN-TENGAH-berita

Ketiga, wisata gunung. Mimika menjadi salah satu jalur pendakian ke Puncak Cartenz, satu-satunya gunung bersalju abadi di Indonesia yang masuk dalam tujuh puncak tertinggi dunia atau "the seven summits". 

"Mereka (pendaki dan wisatawan) harus datang ke sini, maka itu kita harus kembangkan," kata John Rettob. 

Keempat, wisata bahari. Menurut John, perairan Mimika kaya akan aneka jenis ikan yang bisa menjadi tujuan pecinta 'mancing mania'. Jika akses dan infrastruktur pendukung memadai, wisata ini sangat menjanjikan. 

"Kita tidak pernah sadar bahwa kita punya potensi luarbiasa untuk wisata bahari. Punya laut yang begitu kaya dengan aneka jenis ikan," katanya.

Kelima, wisata air terjun. Potensi wisata ini belum banyak diketahui warga Mimika. Wabup John juga masih merahasiakan tiga titik air terjun sangat mengagumkan itu jika telah dikelola menjadi destinasi wisata. 

Selain kelima potensi tersebut, kata John, Mimika juga memiliki budaya yang sangat menjual dan menarik wisatawan, serta dapat memacu ekonomi masyarakat lokal. 

"Ada seni ukir, seni pahat, seni tari. Ini kita sudah punya, hanya kita tidak kelola dengan baik. Termasuk Festival Kamoro Kakuru, itu akan kita hidupkan kembali, kita buat dalam waktu dekat, gabung dalam wisata mangrove," jelas John.

Ia menambahkan, bukan hanya masalah pariwisata yang menjadi konsen pemkab Mimika, tetapi juga sektor pendukung lain seperti inftastruktur, akses komunikasi, UKM, yang harus dibangun beriringan. 

"Yang penting adalah kita mulai tetapkan dulu, action terkait apa yang akan kita lakukan," pungkasnya. 

 

Reporter: Sevianto
Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar