Jelang Natal BI Papua Sediakan Uang Tunai Rp4,2 Triliun

Jelang Natal BI Papua Sediakan Uang Tunai Rp4,2 Triliun
Ilustrasi

JAYAPURA | Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menyediakan uang tunai (kartal)  Rp4,2 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Kamis (5/2) mengatakan dari jumlah tersebut, diperkirakan uang yang akan digunakan hanya sebanyak Rp3,8 triliun.

"Jadi persediaan uang di Bank Indonesia kini mencapai Rp7,7 triliun, di mana sebanyak Rp4,2 triliun disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Menurut Naek, kebutuhan uang setiap tahun selalu mengalami kenaikan 10 persen dari tahun lalu.

"Kenaikan uang tunai 10 persen ini dilihat dari aktifitas perekonomian setiap kegiatan akhir tahun di mana biasanya aktifitas masyarakat meningkat," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya sudah melakukan evaluasi dan pendataan berapa kebutuhan uang tunai khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Yang jelas uang sampai dengan akhir tahun ini cukup," katanya.

Naek menambahkan pihaknya juga akan mendatangkan uang dari Kantor Depo Kas (kantor penghubung distribusi uang kartal atau tunai) di Makassar.

 

Sumber: Antara
Editor: Misba

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *