Sekarang Warga Mimika Bisa Mengurus KTP di Disdukcapil Melalui WA

Jumat, 06 Des 2019 13:22 WIT
Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika meluncurkan Orlando (Operator Layanan Administrasi Online ) untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat. 

Inovasi terbaru dari Disdukcapil tmini menggunakan pesan singkat WhatsApp yang tentu sudah tidak asing bagi masyarakat.
Layanan dengan nomor 081369824244 ini diberikan melalui obrolan (chatting) pada WhatsApp grup yang akan dijawab langsung oleh petugas Disdukcapil Mimika.

"Disdukcapil membuat inovasi terbaru untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat melalui Orlando (Operator Layanan Administrasi Online),"kata Kepala Dinas Disdukcapil Mimika Slamet Sutedjo yang ditemui di Hotel Grand Mozza, Jumat (6/12).

Masyarakat cukup bergabung dalam WA Grup tersebut kemudian bisa menyampaikan apapun keluhan dengn cukup mengetik Nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), dan keluhan atau apa yang mau dibantu, nantinya akan dilayani langsung oleh petugas Disdukcapil.

Dijelaskan bahwa Orlando akan melayani semua kebutuhan masyarakat terkait kepengurusan Disdukcapil Mimika seperti update data tidak terdaftar, mengurus KTP, KK, dan untuk mengecek dokumen yang telah diurusi namun belum tercetak bisa juga kami tangani, intunya segala kepengurusan mengenai Disdukcapil bisa dilayani termasuk saran dan kritik untuk kemajuan Disdukcapil lebih baik lagi.

"Saran dan kritik dari masyarakat terhadap kami itu sangat penting dan diperlukan untuk terus memperbaiki diri dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," tambahnya.

Slamet mengungkapkan bahwa pelayanan Disdukcapil juga dimaksimalkan diluar jam kerja melalui Orlando.

"Jadi nanti untuk hari Sabtu dan Minggu keluhan yang disampaikan kami terima dan akan diproses di hari Senin," pungkasnya.

Ia juga berharap kedepannya masyarakat Mimika lebih mudah mengakses pelayanan. "Walaupun kami masih jauh dari sempurnah namun terus berkomitmen untuk memperbaiki diri bergerak mengikuti kemajuan dan mengikuti kemauan masyarakat," tambahnya.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba

 

 

Kategori:
Bagikan