UPBU Mozes Kilangin Semakin Menggeliat, Citilink dan Lion Air akan Masuk Timika

Jumat, 06 Des 2019 17:17 WIT
BANDARA - Suasana di UPBU Mozes Kilangin saat penerbangan perdana Pesawat Batik Air ke Timika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Kepala Unit Pengelolaan Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin, Ambar Suryoko mengatakan, saat ini bandara yang dikelolanya semakin menggeliat dan ramai oleh berbagai rute penerbangan dan penumpang.

“Saya katakan semakin menggeliat dan ramai, karena sudah banyak maskapai penerbangan yang masuk untuk melayani masyarakat, khususnya pada bidang penerbangan,” kata Ambar yang dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (6/12).

Ambar mengatakan, sejak 28 Oktober 2019 lalu, UPBU Mozes Kilangin sudah dimanfaatkan oleh Maskapai Batik Air, dengan rute Jakarta-Timika dan Timika-Makassar. Dan hari ini, Jumat (6/12) dengan maskapai yang sama dimulai dengan rute Timika-Jayapura

Kemudian pada 12 Desember 2019 nanti, maskapai Wings Air akan membuka penerbangan dengan rute Timika–Nabire dan Timika-Tual. Sebelumnya, pada 14 November lalu, Trigana Air sudah masuk dan melayani penerbangan dengan rute Wamena-Timika. 

“Dan pada 18 Desember 2019 nanti, rencananya Citilink dengan rute Denpasar-Timika pulang-pergi (PP). Kemudian menyusul Lion Air dengan rute Timika-Surabaya PP,” terangnya.

Aktivitas saat ini kata Ambar, menunjukkan UPBU Mozes Kilangin semakin menggeliat dan ramai. Dan tentunya yang diuntungkan adalah masyarakat. Karena banyak pilihan maskapai penerbangan untuk menikmati fasilitas perjalanan dengan transportasi udara, baik ke Jakarta, Makassar, Jayapura, dan rute lain.

“Ya intinya, dengan banyaknya maskapai masuk ini, maka membuat operator berkompetisi dalam harga,” ujarnya.

Walaupun demikian, masih ada keterbatasan yang dirasakan, seperti luasan apron.  "Kitta harus mengatur sedemikian rupa. Seperti rute dari Jakarta dan Makassar dilakukan pada pagi hari. Sementara untuk Jayapura pada siang hari. Sehingga tidak terjadi penumpukan baik di terminal maupun bandara.

“Perlahan akan kami benahi, dan dipastikan semua fasilitas kebandar udaraan di UPBU Mozes Kilangin bisa dioperasionalkan pada PON 2020 nanti,” tuturnya.

Apalagi, pada awal 2020, Direktorat Bandar Udara pada Kementerian Perhubungan akan melakukan verifikasi terminal umum. Dan diharapkan semuanya terpenuhi dan bisa dioperasionalkan.


Reporter: Mujiono
Editor:Misba

 

Kategori:
Bagikan