TCC Gelar Festival Kopi di Mimika

Sabtu, 07 Des 2019 16:29 WIT
FESTIVAL - Suasana festival kopi Papua yang digelar oleh Timuka Coffe Community Timika di halaman parkir kendaraan Hotel Horison Ultima Timika. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Timuka Coffee Community (TCC) Timika menggelar festival kopi Papua dan seminar di Halaman Hotel Horison Ultima Timika, Jalan Hasanuddin, Kota Timika, Sabtu (7/12).

Kegiatan yang berlangsung selama sehari mulai pukul 10.00 - 22.00 WIT diikuti delapan pemilik cafe, dan komunitas kopi di Mimika yang tergabung dalam TCC Timika. 

Adapun kopi yang dipamerkan, mulai Amungme Gold, Amolongo Caffe, Maoke Coffe, Black Coffe, Waanal Coffe, dan lainnya.

Festival kopi yang baru pertama kali digelar di Mimika ini mendapat antusias warga.

Ketua TCC Timika Aditya Pratama Lefaan mengatakan, kegiatan yang bertajuk Mimika Menyeduh ini untuk mempromosikan produk kopi lokal, khususnya yang ada di Timika. Sekaligus untuk memperkenalkan cafe-cafe di Kota Timika.

Selain pameran kopi, pihaknya juga menggelar seminar kopi yang diikuti pemilik cafe maupun barista. 

"Dalam beberapa tahun terakhir jumlah cafe dan peminum kopi di Timika cukup meningkat. Sehingga untuk mengakomodir itu, kami buat 'Mimika Menyeduh'. Dan kegiatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi para pemilik. Tapi juga barista dan lainnya," katanya di Hotel Horison Ultima Timika.

Untuk seminar kopi kata Aditya, pihaknya mendatangkan narasumber dari Jakarta, yaitu  Edi Panggabean. 

Edi merupakan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Kopi Indonesia, sekaligus Ketua Pembina Masyarakat Kopi Indonesia. 

Narasumber ini memiliki pengalaman yang banyak terkait kopi. Sehingga pada seminar tersebut bisa saling sharing dan bertukar pikiran, pengelolaan bisnis kopi.

"Dengan adanya narasumber ini, para pemilik, barista, dan lainnya bisa menanyakan bagaimana kiat manajemen dan sikap seorang barista yang baik. Dan kegiatan ini didukung beberapa pihak, seperti BPJS Ketenagakerjaan, Hotel Horison Ultima Timika, Hotel Grand Mozza Timika, dan lainnya," tuturnya.

Sedangkan untuk pameran kopi diikuti delapan peserta, mulai dari cafe dan pemilik produk kopi lokal hasil dari komunitas kopi di Timika.

"Kegiatan ini kami gelar satu hari dan diharapkan kedepan akan rutin dilakukan. Sehingga produk-produk kopi lokal banyak peminatnya," tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

 
Kategori:
Bagikan