DLH Mimika Berikan Bantuan Motor Pengangkut Sampah ke Kelurahan

DLH Mimika Berikan Bantuan Motor Pengangkut Sampah ke Kelurahan
SERAHKAN - Bupati Mimika ketika menyerahkan kunci kendaraan pengangkut sampah roda tiga kepada salah satu Lurah di Kabupaten Mimika. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), memberikan bantuan motor tiga roda pengangkut sampah kepada kelurahan/kampung se Kabupaten Mimika.

Penyerahan lima kendaraan roda tiga tersebut secara simbolis kepada Kelurahan Perintis, Otomona, Inauga, Koperapoka, dan Kwamki, dilakukan langsung boleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Senin (9/12).

Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang membuka secara resmi sosialisasi teknik pengelolaan sampah di Kabupaten Mimika sekaligus penyerahan kendaraan angkutan mengatakan, bahwa masyarakat Mimika memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Kita semua harus punya rasa memiliki jangan cuma hanya datang numpang tapi tidak menjaga," ungkapnya.

Eltinus juga menegaskan kepada seluruh lurah untuk lebih memperhatikan lagi kebersihan di seluruh lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Limi Mokodompit juga mengutarakan hal senada. Iia berharap semoga dengan adanya bantuan kendaraan angkut sampah tersebut lingkungan lebih terbebas dari sampah terutama di bagian kelurahan.

IKLAN-TENGAH-berita

"Seperti yang dikatakan Bupati mulai dari sekarang tidak ada alasan lagi untuk sampah di mana-mana," kata Limi.

Ia juga mengatakan bahwa sudah mulai diberlakukan aturan pembuangan sampah mulai dari pukul 17.00 WIT – 05.00 WIT pag. Masyarakat dilarang keras membuang sampah diluar jam yang telah ditentukan.

Dijelaskan bahwa untuk kedepannya tahun 2020 armada roda tiga pengangkut sampah pada DLH akan dilengkapi hingga 20 unit.

"Untuk sekarang yang sudah ada itu 10 hanya sebagai simbolis tadi itu lima, namun kedepannya akan kita lengkapi sisanya dalam pengiriman," katanya.

Limi menjelaskan bahwa setelah mengikuti sosialisasi yang diikuti oleh seluruh lurah yang ada di Mimika tersebut, masing-masing lurah akan menentukan titik untuk dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Nantinya truk pengangkut sampah DLH yang akan mengangkut sampah tersebut.

"Jadi nanti masyarakat di kelurahan  kumpulkan sampahnya dimasing-masing titik yang ditentukan nantinya petugas truk akan mengangkutnya," kata Limi.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor:Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar