Enam Provinsi Ikuti Test Event Basket di Timika Akhir Pekan ini

Enam Provinsi Ikuti Test Event Basket di Timika Akhir Pekan ini
Panitia lokal cabang olahraga bolabasket PON XX Papua. (Foto:Sevianto Pakiding/SP)

TIMIKA | Enam provinsi akan mengikuti Turnamen Bolabasket Kemenpora 2019 sebagai ajang uji coba (test event) cabang olahraga bolabasket PON XX Papua 2020 di Kabupaten Mimika.

Turnamen dalam rangka menguji kesiapan panitia dan sarana prasarana pendukung kegiatan PON akan diselenggarakan di stadion utama Mimika Sport Complex (MSC) mulai Sabtu (14/12) hingga Selasa (17/12). 

"Kami telah melakukan persiapan dan bentuk panitia lokal untuk kegiatan ini," kata Ketua Perbasi Mimika Cessar Avianto Tunya yang juga Sekretaris Umum PB PON Papua Sub Mimika, Senin (9/12).

Cessar mengatakan, panitia yang dilibatkan untuk berkolaborasi dalam ajang uji coba ini terdiri dari panitia lokal Perbasi Mimika, Perbasi Provinsi dan panitia yang dibentuk Kemenpora.  

"Test event ini dilakukan untuk melihat kesiapan panitia pelaksana, mampu tidak melaksanakan kegiatan ini sebagai persiapan Mimika tuan rumah cabor bolabasket," katanya.  

Rekomendasi dilaksanakannya test event tersebut oleh Menpora Imam Nahrawi ketika masih menjabat dan berkunjung ke Timika beberapa waktu lalu, juga sempat meninjau venue olahraga untuk PON.

"Test event basket ini menjadi yang pertama untuk cabang olahraga terkait persiapan PON. Begitu pun untuk cabor lain akan dilakukan test event apabila venuenya sudah siap," jelas Cessar. 

Ketua Panitia William Toron mengatakan peserta yang akan mengikuti test event ini berasal dari enam provinsi yaitu Banten, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua. 

Seluruh kebutuhan para peserta dan perangkat pertandingan akan disiapkan oleh panitia lokal di Timika. Mereka adalah pengurus cabang Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (Perbasi) Mimika. 

"Tugas kami adalah melayani seluruh kebutuhan peserta. Pembukaan akan dilaksanakan jam 1 di MSC. Semua kegiatan test event dipusatkan di sana," kata William. 

Adapun venue bolabasket MSC yang dibangun PT. Freeport Indonesia di kompleks RSMM Caritas Timika, Jalan SP 5, sebelumnya telah digunakan untuk menyelenggarakan Kejurda Bolabasket Papua dan Kejurda Tinju Papua. 

Reporter: Sevianto
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar