Jelang Natal, di Pasar Sentral Sejumlah Barang Masih Bertahan Diharga Lama

Jelang Natal, di Pasar Sentral Sejumlah Barang Masih Bertahan Diharga Lama
Pedagang yang berjualan di Pasar Sentral Timika. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Menjelang perayaan Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun baru 2020, sejumlah barang sembilan bahan pokok mengalami kenaikan harga.

Alfin, salah satu pedagang menyebutkan barang-barang yang mengalami kenaikan harga diantaranya, Tomat yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 35.000 per kg saat ini naik Rp 15.000 menjadi Rp 50.000 per kg.

Sayur Buncis juga mengalami kenaikan sebesar Rp 10.000 dari harga Rp 20.000 kini menjadi Rp 30.000 per kg.

Sedangkan, harga jeruk mengalami penurunan, dari sebelumnya dijual dengan harga Rp 50.000 kini dijual seharga Rp 40.000 per kg.

"Belum tau ini besok-besok kalau sudah lebih dekat natal lagi naik atau tidak. Tapi sekarang harganya masih segini," tuturnya.

Lebih lanjut, Alfin mengungkapkan, hingga saat ini juga pembeli masih sepi. Menurutnya, kemungkinan akan lebih banyak pembeli jika sudah mendekati hari raya Natal.

IKLAN-TENGAH-berita

Alfin juga mengak sebagian besar barang jualannya masih tetap pada harga sebelumnya dan tidak mengalami kenaikan sama sekali, bahkan ada yang mengalami penurunan.

"Cabe rawit ini 60 ribu per kilo, cabe keriting juga 40 per kilo. Tidak naik itu, masih normal," katanya saat diwawancara di tempat jualannya di Pasar Sentral, Timika, Selasa (10/12).

Beberapa barang lainnya yang tidak mengalami kenaikan harga diantaranya, kentang dan wortel Rp 25.000 per kg, labu Siam Rp 20.000 per kg, dan beberapa sayuran lainnya diakui hingga saat ini masih pada harga normal.

Penjual lainnya, Inal juga menyampaikan hal yang sama. Yang mana sayuran masih tetap pada harga normal. Dan beberapa kebutuhan lainnya mengalami kenaikan harga. 

"Kalau cabe ini harganya masih kemarin. Tidak tau nanti naik lagi atau tidak," tuturnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor:Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar