Anggota TNI yang Hilang Belum Ditemukan, SAR Hentikan Pencarian

Selasa, 10 Des 2019 19:23 WIT
PENCARIAN - Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap satu korban kecelakaan pelayaran longboat 40 PK yang terbalik di Pulau Puriri. (Foto: SAR Tmk/SP)

TIMIKA | Anggota TNI Kodim 1710/Mimika, Koptu Akbar yang dinyatakan hilang tujuh hari lalu di perairan Mimika hingga kini belum ditemukan. Tim SAR Timika mengatakan telah menghentikan pencarian.

Plh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika, Marinus B. Ohoirat mengatakan,  Tim SAR gabungan melibatkan anggota TNI-Polri, terus melakukan pencarian selama tujuh hari hingga Selasa (10/12) pencarian dimulai pukul
 05.30 Wit.

“ Tim SAR gabungan melakukan pencarian pada empat titik koordinat. Yang tujuannya, untuk lebih meluaskan area pencarian agar korban bisa ditemukan,” kata Marinus melalui release yang diterima media, Selasa (10/12).

Namun, sampai dengan pukul 17.00 WIT, Tim SAR gabungan tidak menemukan korban yang hilang setelah longboat 40 PK yang ditumpanginya  terbalik di Pulau Puriri.

Karena sudah tujuh hari dilakukan pencarian, maka operasi SAR diusulkan ditutup. Sehingga unsur-unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing.

“Selanjutnya akan dilakukan pemantauan. Namun, jika ada tanda-tanda keberadaan korban, maka operasi SAR terhadap longboat 40 PK yang terbalik di Pulau Puriri dibuka kembali,” tuturnya.

alt text

PENCARIAN - Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap satu korban kecelakaan pelayaran longboat 40 PK yang terbalik di Pulau Puriri. (Foto: SAR Tmk/SP)

Perlu diketahui, perahu motor jenis longboat bermesin 40 PK dilaporkan mengalami kecelakaan di Pulau Puriri, perairan Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (4/12) sore. Longboat yang mengangkut sembilan orang itu terbalik dalam perjalanan menuju Distrik Agimuga. Delapan penumpang selamat, namun seorang anggota TNI AD atas nama Koptu Akbar hilang. 

Informasi tentang kecelakaan pelayaran tersebut, diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika dari Kepala Satuan Polair (Kasatpolair) Polres Mimika Iptu J. Limbong. 
 
Setelah menerima informasi, Tim SAR gabungan langsung diberangkatkan untuk melakukan pencarian di sekitar lokasi yang dilaporkan terjadi insiden. Dan lokasi kejadian di koordinati: 04°55'17.65" S - 136°51'55.01 E. Jarak ke LKP: 12,50 Mil - Heading: 148,72°.

Adapun delapan korban selamat yaitu Agus Kelanangame (L), Marsel Mujangge (L), Tomi Kelanangame (L),Tomi Ilimang (L), Nikson Ilimang (L), Eki Wantik (L),Serpina Wantik (P), Margareta Pogolamom (P).


Reporter: Mujiono
Editor:Misba

 

Kategori:
Bagikan