Sampaikan Progres PON di Mimika, Bupati Dapat Sambutan Meriah Peserta Raker

Sampaikan Progres PON di Mimika, Bupati Dapat Sambutan Meriah Peserta Raker
Bupati Mimika Eltinus Omaleng (kanan) menghadiri rapat kerja perispan PON XX Papua tahun 2020 di Jayapura. (Foto:Ist/SP)

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng mengaku kesiapan Mimika sebagai salah satu daerah penyelenggara PON XX tahun 2020 telah mencapai 80 persen. 

Hal ini dikatakan Eltinus saat menyampaikan kesiapan Mimika dalam Rapat Kerja PB PON XX dan Sub PB PON XX dan Penandatanganan Sebaran Cabang Olahraga Venue dan Arena di Hotel Horison Jayapura, Papua, Selasa (10/12). 

Hadir dalam rapat kerja tersebut, Wakil Ketua KONI Pusat, Mayjen TNI Purn Suwarno, Gubernur Papua, Lukas Enembe, Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda dan sejumlah pejabat lainnya. 

Beberapa kali perserta rapat kerja memberikan tepuk tangan saat Eltinus menyampaikan kesiapan venue dan infrastruktur pendukung yang sudah dan sedang dalam pengerjaan. 

Seperti saat Bupati Eltinus, menyampaikan pengerjaan fisik venue cabang olahraga Billiard dan Panjat Tebing. Progresnya telah mencapai 45 persen. Ia optimis, pada pertengahan  tahun 2020 sudah bisa digunakan. 

Sementara untuk cabor lainnya, tinggal pemantapan gedung sesuai dengan permintaan tim penilai. 

"Untuk masalah air bersih, kami telah bikin instalasi pipanya sampe Mimika Sport Complex dan Venue Futsal. Selain itu untuk peredam suara juga telah kami siapkan anggarannya. Pokoknya kalau dilihat keseluruhan, sekitar 80 persen telah selesai, sisa Billiard dan Panjat Tebing saja," Pungkasnya. 

Sementara untuk cabor Aero Sport, Pemda Mimika tengah menyiapkan lapangan 23 di Distrik Kuala Kecana. "Pekerjaannya tidak terlalu berat, jadi tahun depan kita sudah kerjakan yang dibutuhkan. Saya pastikan semua selesai di pertengahan 2020," ujarnya. 

Selain Venue Olahraga, Pemda Mimika juga terus menggenjot pembangunan infrastruktur pendukung seperti bandara dan akses jalan. 

"Tahun ini terminal bandara Moses Kilangin sisi selatan yang dibangun pusat sudah bisa digunakan. Tinggal yang pemda bangun. Pekerjaannya sementara jalan karena kita gunakan pekerjaan multi years. Bulan Juni 2020 sudah bisa digunakan juga," tutur Omaleng. 

Sementara untuk akomodasi, Pemkab Mimika telah menyiapkan 1800 kamar untuk para atlet dan official tim. Nanti akan digunakan secara bergantian oleh kontingan-kontingan yang bertanding di Timika. 

"Kami siapkan 1800 kamar. Itu sdh cukup karena nantinya digunakan secara bergantian, misalnya atlet yang bertanding untuk cabor futsal, yang sudah kalah tentu akan pulang duluan, nanti kamarnya diisi oleh atlet cabor lain yang masih bertanding," Jelas Bupati Mimika dua periode ini. 

"Buat saya PON adalah harga diri orang Papua sebagai daerah penyelenggara, jadi kita harus bikin yang terbaik, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi," kata Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

 

Reporter : Batt
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar