PB PON XX Papua dan 4 Daerah Penyelenggara Tandatangani MoU Sebaran Cabor

PB PON XX Papua dan 4 Daerah Penyelenggara Tandatangani MoU Sebaran Cabor
Bupati Mimika Eltinus Omaleng menandatangani MoU sebaran Cabor disaksikan Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto: Ist/SP)

JAYAPURA | Pemerintah Provinsi Papua dan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX, bersama empat klaster penyelenggara menandatangi MoU sebaran cabang olahraga, venue dan arena, di Gedung Negara, Kota Jayapura, Rabu (11/12/2019).

Empat klaster penyelenggara PON, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. 

Untuk Kabupaten Mimika, MoU  ditandatangi oleh Bupati Eltinus Omaleng, Kabupaten Jayapura oleh Bupati Matius Awoitauw, dan Kabupaten Merauke oleh Wakil Bupati Sularso.

Selain 4 klaster, penandatangan MoU juga dilakukan dengan Polda Papua, Kodam XVII/ Cenderawasih dan Sinode. 

Penandatangan MoU yang disaksikan Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno itu, sebagai  wujud menjawab keraguaan warga bila PON akan tetap dilakukan di Papua tahun 2020.

Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno mengataka,  pihaknya sudah meyakinkan seluruh Provinsi di Indonesia bahwa penyelenggaraan PON XX di Papua akan berjalan sukses.

"Kami sudah katakan kepada seluruh provinsi bahwa tidak perlu khawatir bahwa PON di Papua ini tetap jadi," kata Suwarno. 

Suwarno pun mengajak kepada semua pihak di Papua menjadi bagian dari solusi dan bukan jadi bagian dari masalah, agar PON dapat berjalan sukses. 

"Kami mengajak semua pihak menjadi bagian dari solusi dan bukan jadi bagian dari masalah. Kami yakin dengan itu pasti PON akan sukses di Papua," ujar Suwarno.

Sementara Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengatakan, meski tersisa kurang lebih 314 hari lagi, namun waktu tersebut terbilang singkat.

Sebab, masih banyak sejumlah faktor yang harus diselesaikan guna menyiapkan perhelatan pesta olahraga tersebut.

Untuk itu, Lukas meminta kepada pihak-pihak yang terlibat agar dapat segera menuntaskan pekerjaan rumah masing-masing demi suksesnya PON di Papua. 

Dia pun berharap, semua venue yang ada di 4 klaster dapat tuntas pembangunannya pada Juli 2020.

"Ini adalah event nasional. Saya berharap semua fasilitas PON sudah harus selesai Juli 2020, sehingga kita sudah siap menyongsong tantangan penyelenggaraan, karena banyak hal yang harus disiapkan seperti akomodasi, transportasi, konsumsi, kesehatan dan lainnya," kata Lukas.

Lukas  juga berharap kepada masyarakat dapat ikut  mensukseskan PON. Sebab event ini dipastikan akan menjadi momentum baik untuk sektor pariwisata dan perekonomian.

"Yang perlu kita jaga saat kontingen pulang bisa membawa sesuatu yang berkesan dari Papua, karena jadi tuan rumah ini adalah kehormatan dan penghargaan kita Papua dari Negara Republik Indonesia," ujar Lukas.

Sementara itu, Sekretaris PB PON Papua sub Mimika Cessar Avianto Tunya mengatakan, untuk Mimika akan dilangsung 9 cabang olahraga dengan 12 disiplin cabang olahraga, diiantaranya judo, tarung derajat, bola tangan, futsal, biliar, panjat tebing, bola basket 3 x 3, bola basket 5 x 5,atletik, aeromodelling, terbang layang, dan terjun payung.

"Mimika sudah clear 9 cabor dengan 12  disiplin cabor," kata Cessar. 

Menurut Cessar, saat ini untuk venue biliar masih dalam tahap pembangunan. Sedangkan venue panjat tebing dan aero sport masih tahap lelang. 

Meski demikian, dia optimis pembangunan ketiga venue itu dapat selesai pada Juli 2020, termasuk venue yang sudah siap tetapi ada beberapa rekomendasi dari technical delegate.

"Ada beberapa venue sudah siap, tetapi ada juga beberapa rekomendasi yang harus kita perbaiki. Pemerintah daerah  sangat mendukung sehingga lebih direalisasi saja penambahan kelengkapan semua venue yang ada," ujar Cessar. 

Untuk diketahui, PON XX Papua menetapkan  sebanyak 37 cabor, 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan, dan 6.442 orang kuota atlet.

37 cabor yang telah ditetapkan adalah aerosport, akuatik, atletik, anggar, angkat berat, baseball, biliard, bermotor, bola basket, bola tangan, bola boli, bulutangkis, vatur, kriket, dayung.

Gulat, hoki, judo, karate, kempo, layar, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, rugby 7s, selam, senam, sepak bola, sepak takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, tenis, tinju, dan wushu.

 

Reporter: Aditra
Editor:Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar