Wings Air Mulai Layani Penerbangan Timika- Tual, Nabire dan Wamena

Kamis, 12 Des 2019 16:26 WIT
TERBANG - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat menyambut para penumpang Wings Ait dengan rute penerbangan Timika-Tual (Langgur). (Foto:Muji/SP)

TIMIKA |  Wings Air terus melebarkan sayap pelayanan penerbangan. Mulai Kamis (12/12), maskapai Lion Air Grup ini melayani empat daerah, yakni Timika, Nabire, Tual (Langgur) dan Wamena.

Penerbangan perdana Wings Air dilakukan dari Bandara Mozes Kilangin, Timika ke Bandara Karel Sasuitubun, Langgur, Maluku Tenggara, Kamis pagi diikuti oleh perwakilan Pemda Mimika, yakni Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Asisten III Setda Mimika Niky Kuahaty serta  , perwakilan UPBU Mozes Kilangin, Air Nav Indonesia, dan media salah satunya seputarpapua.com.

Setibanya di Bandara Karel Sasuitubun,  rombongan yang dipimpin Asisten III Setda Mimika Niky Kuahaty disambut oleh Plt Sekda Maluku Tenggara Bernardinus Rettob dengan pengalungan syal atau kain panjang, ciri khas daerah setempat.

Managing Direktur Lion Air Group, Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, Pesawat Wings Air yang merupakan bagian dari Lion Air Group mulai hari ini melakukan penerbangan dengan rute Nabire-Timika dilanjutkan dengan penerbangan Timika-Tual menggunakan pesawat ATR 72-500 maupun 600, dengan nomor penerbangan Iw-1609.

“Penerbangan ini untuk menunjang transportasi udara. Yang mana diketahui bersama bahwa pertumbuhan ekonomi sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan transportasi,” katanya.

Selain itu, dengan mengawali penerbangan ke Timika, Nabire, Wamena, dan Tual ini, pihaknya ingin berkontribusi untuk masyarakat Papua menjelang Natal dan tahun baru.

“Kami berharap dengan adanya pelayanan ini bisa mendukung dan membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan transportasi udara. Namun, kami minta fasilitas penerbangan bisa diperbaiki. Sehingga Mimika bisa jadi destinasi untuk wilayah Papua dan sekitarnya,” tuturnya.

Sementara Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin, Ambar Suryoko mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Lion Group yang telah memenuhi permintaan masyarakat Kabupaten Mimika dalam pemenuhan pelayanan transportasi udara.

Pada 28 Oktober 2019 sudah membuka pelayanan penerbangan Batik Air, dengan rute Timika-Makassar dan Timika-Jakarta. Selanjutnya, pada 6 Desember 2019, Batik Air juga membuka pelayanan penerbangan udara dari Timika-Jayapura. 

“Bandara ini semakin tumbuh dengan adanya beberapa operator penerbangan yang masuk, seperti Trigana Air yang sudah layani Timika-Wamena. Dan sekarang Wings Air melakukan penerbangan Timika-Tual, Timika-Nabire, dan Timika-Wamena,” terangnya.

Ia meminta Lion Group melayani penerbangan rute Timika-Surabaya bisa segera terealisasi. Karena masyarakat Jawa banyak yang tinggal di Timika.

“Ditambah lagi permintaan kami adalah adanya pelayanan ke sisi selatan, yakni Timika-Merauke,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan, pembukaan pelayanan penerbangan dengan rute Timika, Nabire, Wamena, dan Tual yang dilakukan oleh Wings Air, merupakan dambaan masyarakat Mimika. 

Dimana ini sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan Mimika menjadi kota jasa. 

“Penerbangan Timika-Langgur ini merupakan penerbangan rute perdana dari Papua ke Maluku. Sehingga bisa menambah konektivitas pelayanan transportasi udara,” katanya.

Wabup juga menekankan agar pihak Lion Air Group juga membuka rute penerbangan Timika-Merauke dan Timika-Sorong. Sehingga, konektivitas dari Timika ke semua daerah bisa terwujud.

“Tanggal 18 Desember 2019 nanti, Citylink akan melayani penerbangan Timika-Denpasar. Untuk tempatnya akan dilakukan di sisi utara bersamaan dengan Garuda dan Airfast. Ini karena, masih keterbatasannya apron dan terminal bandara,” tuturnya.


Reporter:Mujiono
Editor: Misba

 

Kategori:
Bagikan