Pimpinan DPRD Asmat Periode 2019-2024 Dilantik

Pimpinan DPRD Asmat Periode 2019-2024  Dilantik
PERESMIAN | Suasana peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Asmat periode 2019-2024 di salah hotel di Timika, pada Kamis 12 Desember 2019. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Ketua Pengadilan Negeri Merauke Orpa Marthina melantik Pimpinan DPRD Kabupaten Asmat periode 2019-2024, pada Kamis (12/12) malam. 

Rapat paripurna pelantikan Pimpinan DPRD  Kabupaten Asmat ini berlangsung disalah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, dengan dihadiri Bupati Asmat Elisa Kambu, Sekda, dan pimpin OPD. 

Pelantikan ini berdasarkan SK Gubernur Papua nomor 155/365/ Tahun 2019.

Adapun pimpinan DPRD Kabupaten Asmat, yakni Ketua dijabat oleh Yoel Manggaprou, Wakil Ketua I dijabat oleh Silvester Siforo, dan Wakil Ketua II dijabat Jasman Tumpu.

Ketua DPRD Kabupaten Asmat Yoel Manggaprou mengatakan, pihaknya bersyukur dengan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Asmat. 

Karena sudah satu bulan lebih anggota DPRD Asmat periode 2019-2024 hasil Pemilu tahun 2019 dilantik dan diambil sumpah/janji, dan dilengkapi dengan pengangkatan ketua sementara.

“Dengan peresmian pimpinan ini, maka DPRD Asmat sebagai lembaga legislatif telah terpenuhi kelengkapannya secara struktural,” katanya.

Sebagai mitra kerja Pemkab Asmat, pihaknya menegaskan bagaimana mewujudkan sinergitas dalam pelaksanaan tugas, antara DPRD dan pemerintah daerah. 

Apalagi, dalam waktu dekat ini Pemkab Asmat bersama DPRD akan melaksanakan agenda yang cukup penting, yakni pembahasan RAPBD 2020.

“Saya harap, penyusunan APBD 2020 benar-benar memperhatikan dan fokus pada dokumen RPJMD yang telah disepakati bersama,” katanya.

Sementara Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, tuntutan tugas dan tanggung jawab DPRD kedepan tidaklah mudah. 

Sebagai wakil rakyat, anggota DPRD dituntut untuk selalu bersinergi dengan kepala daerah, dalam merumuskan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan pembangunan, serta pembinaan kemasyarakatan di daerah.

Selain itu, sebagai mitra pemerintah daerah, DPRD juga harus  melaksanakan tugas, fungsi, kewajiban, dan tanggungjawabnya sebagai legislatif, anggaran, serta pengawasan.

“DPRD memegang peran strategis dan ikut menentukan berjalannya pembangunan di daerah. Sehingga amanat sebagai DPRD tidaklah ringan, apabila dikaitkan dengan kesejahteraan masyarakat Asmat,” tuturnya.

Olehnya itu kata Elisa, profesionalisme DPRD menjadi acuan, bagaimana anggota Dewan memahami tugas, fungsi, dan tanggungjawab, baik sebagai unsur pemerintah daerah maupun sebagai wakil rakyat.

“Peningkatan profesionalisme, merupakan syarat mutlak demi terwujudnya kondisi di Asmat semakin sejahtera. Dan ini merupakan prasyarat dalam keberhasilan Otsus, yang selama ini diperjuangkan,” katanya.

Elisa pun mengajak kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Asmat untuk terus memperkokoh sinergitas, melalui upaya yang lebih konkrit, terarah, dan berkesinambungan. 

“Yang terpenting adalah bisa menghadirkan manfaat pembangunan sesungguhnya, yakni terwujudnya kemandian dan kesejahteraan secara keseluruhan bagi masyarakat Asmat,” ungkapnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar