2020, Pesawat ATR Ditargetkan Mendarat di Bandara Ewer Asmat

2020, Pesawat ATR Ditargetkan Mendarat di Bandara Ewer Asmat
BANDARA - Bandara Ewer Kabupaten Asmat yang disiapkan untuk pesawat jenis ATR. (Foto:Humas Asmat/SP)

TIMIKA | Sebagai bentuk komitmen dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan daerah, Pemkab Asmat menargetkan pada tahun 2020 pesawat jenis ATR sudah bisa mendarat di Bandara Ewer.

Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada pembangunan infrastruktur, khususnya bandara. 

Sebab, bandara sangat penting sebagai akses konektivitas dalam pelaksanaan perdagangan dan mobilitas perekonomian.

“Dengan pengembangan pembangunan Bandara Ewer, maka pesawat jenis ATR bisa mendarat. Sehingga kami harapkan promosi dan konektivitas daerah semakin maju. Karena orang mudah bisa datang ke Asmat,” kata Elisa di bilangan Jalan Yos Sudarso, Jumat (13/12). 

Selain itu, di bidang perdagangan juga akan meningkatkan kualitas komoditas yang ada. Contohnya seperti kepiting atau karaka. Dimana selama ini, untuk pemasaran komoditas tersebut masih menggunakan kapal dan perahu.

Dampak dari penggunaan transportasi laut dan air tersebut, selain memakan waktu, hasil komoditas akan cepat rusak dan membusuk. Tetapi dengan adanya pesawat ATR nanti, akan lebih cepat dan fresh (segar).

“Karenanya, untuk pendaratan pesawat jenis ATR ini kami targetkan tahun depan,” ujarnya.

Ia menerangkan, untuk target tersebut, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan. Dimana di 2019 ini sudah dilakukan pengaspalan runway sepanjang 550 meter. Dengan demikian Bandara Ewer memiliki runway sepanjang 1.600 meter. 

Sedangkan untuk fasilitas pendukung kebandar udaraan, seperti kendaraan pemadam kebakaran, ketersediaan air, X-ray, dan fasilitas lainnya, sedang diupayakan untuk memenuhi.

“Untuk masalah Bandara Ewer, sudah ada komitmen bersama antara pemerintah dengan Kementerian Perhubungan. Dimana Pemkab Asmat dan Pemprov Papua bertanggungjawab untuk runway. Sementara infrastruktur pendukung lainnya menjadi urusan Kemenhub,” terangnya.

Namun demikian, pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk pengembangan Bandara Ewer. Dimana sekarang ini untuk apron dan taxi way sudah ada. Sementara untuk terminal masih dalam proses penyelesaian, termasuk akses ke bandara sementara dikerjakan.

“Mudah-mudahan dengan anggaran 2020, semuanya bisa terpenuhi. Dan kami akan dorong terus, agar pesawat jenis ATR bisa mendarat di Bandara Ewer. Sehingga Asmat bisa lebih maju dan berkembang lagi,” ungkapnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar