Imigrasi Timika Sosialisasi Prosedur Permohonan Paspor dan Izin Tinggal

Imigrasi Timika Sosialisasi Prosedur Permohonan Paspor dan Izin Tinggal
Peserta mengikuti sosialisasi permohonan paspor dan ijin tinggal orang asing. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Kantor Imigrasi Kelas II Timika, menggelar sosialisasi permohonan paspor bagi sejumlah pelajar, guru-guru dari beberapa sekolah, perwakilan perusahaan dan sejumlah perwakilan masyarakat.

"Sosialiasi ini dilakukan karena ada aturan baru yang harus disampaikan kepada masyarakat, khsusunya pemohon paspor dan ijin tinggal orang asing," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Timika, Jesaja Samuel Enock saat diwawancara usai sosialisasi di salah satu hotel di Jalan Cenderawasih, Timika, Jumat (13/12).

Selain memberikan sosialisasi permohonan paspor, Imigrasi juga memberikan sosialisasi tentang ijin tinggal orang asing.

Katanya, ada peraturan-peraturan baru yang terus di-update sesuai perkembangan zaman, sehingga sosialisasi tentang tata cara permohonan paspor dan ijin tinggal orang asing ini perlu dilakukan.

"Di keimigrasian terus melakukan inoivasi dalam pelayanan paspor ataupun ijin tinggal bagi orang asing," kata Jesaja.

Ia menjelaskan, di Timika ada PT Freeport Indonesia yang mempekerjakan tenaga kerja asing. Selain PT Freeport, adapun sub kontraktor yang juga mempekerjakan tenaga kerja asing dengan jumlah mencapai 1000 pekerja.

IKLAN-TENGAH-berita

Sehingga sosialisasi ijin tinggal orang asing ini menurutnya juga perlu dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan.

"Salah satu fungsi keimigrasian itu fasilitator pembangunan masyarakat. Jadi melalui keimigrasian ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi daerah Mimika," jelasnya.

Dikatakan, saat ini pelayanan keimigrasian semakin berubah, karena masyarakat membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan, khususnya aparatur pemerintah.

“Imigrasi dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya Paspor dan izin tinggal sudah banyak sekali melakukan inovasi-inovasi dalam rangka memberikan kemudahan, keterjangkauan pelayanan kecepatan dan ketepatan," katanya.

Imigrasi memiliki pedoman yaitu adanya ketepatan waktu, kejelasan biaya, administrasi, tata cara persyaratan harus sesuai untuk pembuatan paspor dan izin tinggal, prosedur, tata cara dan syarat-syarat harus jelas, tidak ada syarat-syarat tambahan semua harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar