Perbasi Pusat Gelar Test Event Pertandingan Basket, Aturan Sesuai FIBA 2018

Sabtu, 14 Des 2019 14:59 WIT
Suasana Technical Meeting saat berlangsung di Hotel Horison Timika. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Panitia Pusat (PP) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menggelar technical meeting kepada seluruh peserta Test Event Bola Basket dalam rangka PON XX Papua 2020 yang berlangsung di Hotel Horison Ultima Timika, Sabtu (14/12)

Panitia menyampaikan aturan yang akan digunakan pada PON XX adalah aturan yang dikeluarkan Federasi Basket Dunia (FIBA) Tahun 2018.

Test Event Bola Basket ini digelar dalam rangka menguji kesiapan lapangan Bola Basket di Mimika Sport Complex, Timika Papua. Turnamen ini diikuti oleh tim dari Provinsi Papua, Jawa Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Kalimatan Barat, Sulawesi Selatan dan Provinsi Banten. 

Technical Delegated (TD) PON Cabor Basket Abdul Rojak mengatakan, peraturan Basket yang akan dipakai pada PON 2020 tetap menggunakan aturan FIBA 2018.

"Diawal technical meeting tadi sudah disebutkan bahwa untuk test event bola basket nanti hingga PON masih tetap menggunakan aturan FIBA 2018," ungkapnya.

Panitia Pusat Perbasi bidang pertandingan Andi Hirawan j menambahkan, aturan FIBA 2018 perlu disampaikan sekaligus di praktekan di lapangan sehingga menghindari kesalahan pada saat pertandingan digelar. 

"Sehingga test event ini perlu dilakukan untuk memberikan gambaran situasi kepada panitia pada saat PON nanti," katanya.

"Untuk itu agar mendapatkan suatu nuansa dan situasi yang hampir sama pada saat PON, PP Perbasi mengundang beberapa tim yang telah dinyatakan lolos ke PON untuk dipertandingkan walupun tidak semua hanya sebagian saja," tambahnya.

Dari segi teknis permainan atletnya, hotel, sarana dan prasarana lainnya itu disesuaikan dengan keadaan sekarang layaknya timnya ada sehingga dapat mengantisipasi kekurangan yang akan terjadi.

Pada saat Technical Meeting berlangsung juga telah dijelaskan serincinya mengenai aturan permainan sampai dengan kostum yang nantinya akan digunakan mulai dari warna hingga sepatu yang boleh digunakan dan tidak boleh digunakan saat PON nanti. 

 


Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan