Pemkab Asmat Komitmen Dukung Percepatan PPS

Sabtu, 14 Des 2019 15:37 WIT
Bupati Asmat Elisa Kambu

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua mendukung penuh pembentukan Provinsi Papua Selatan (PPS). Hal ini ditegaskan Bupati Asmat, Elisa Kambu saat ditemui di Timika, Jumat (13/11). 

Ia mengklaim, pemekaran wilayah untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan Papua. 

"Pemekaran ini bukan karena ada apa, tapi kebutuhan masyarakat Papua Selatan. Dan itu sudah dilakukan 17 tahun lalu, sejak kepemimpinan bapak Jhon Gebze, yang menggagas adanya Provinsi Papua Selatan," kata Elisa.

Kata dia, gagasan terhadap adanya PPS ini karena Papua terlalu besar. Walaupun orang di pemerintah pusat mengatakan di Papua uang besar. Namun menjangkau wilayah di Papua, dari titik satu ke titik lainnya sangat susah. 

Dengan kondisi itu, Papua tidak bisa ditangani satu gubernur. Apalagi di Papua ada 29 kabupaten/kota yang mana batas wilayah ini masih bermasalah dan tidak bisa ditangani 

"Gubernur satu orang harus menangani 29 kabupaten/kota dengan wilayah yang luas dan karakter yang berbeda sangatlah susah. Sehingga dengan pemekaran provinsi bisa lebih fokus dalam pembinaan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, dengan kondisi tersebut, maka kedepan tidak hanya satu provinsi, tetap ada beberapa mulai dari selatan, tengah, maupun Utara. 

"Kalau dibagi, maka lebih mudah dalam memberikan akses. Dan kedepan Papua bisa seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Dengan masuknya akses jalan yang mudah dalam memasarkan komoditas unggulan," ungkapnya. 

Elisa mengaku, saat bertemu Komisi II DPR RI, mereka sangat mendukung terbentuknya Provinsi Papua Selatan, tinggal proses tahapan dengan menyiapkan beberapa dokumen untuk kelengkapan berkas. 

"Saat ini kami menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Apakah ada kebijakan, untuk PPS ini bisa empat kabupaten atau bagaimana. Atau Kabupaten Pegunungan Bintang masuk dalam Papua Selatan, kita menunggu petunjuk. Namun intinya Pemekaran Provinsi ini merupakan kebutuhan dari masyarakat," ungkapnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan