Kapolres Mimika Resmikan Pondok Pi Ajar dan Taman Baca di Kwamki Narama

Kapolres Mimika Resmikan Pondok Pi Ajar dan Taman Baca di Kwamki Narama
FOTO | Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata bersama tokoh masyarakat Kwamki Narama saat meninjau ruangan Pondok Pi Ajar dan Taman Baca. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Untuk mencerdaskan anak-anak di Distrik Kwamki Narama, Mimika, Papua, Polri melalui program Binmas Noken telah membangun Pondok Pi Ajar dan Taman Baca, di Kelurahan Harapan.

Fasilitas itu kemudian diresmikan oleh  Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata  didampingi Wakasatgas Binmas Noken AKBP Subagyo, pada Sabtu (14/12). 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Kemudian, diserahkan bantuan alat tulis dan buku bacaan kepada anak-anak di Kwamki Narama.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dalam sambutannya mengatakan, tujuan didirikan Pondok Pi Ajar dan Taman Baca di Distrik Kwamki Narama untuk memberikan tempat atau wadah bagi anak-anak.

Dimana, diketahui anak-anak ini sebagai generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan pelaksanaan pembangunan di daerah. Sehingga harus didukung dengan ilmu, yang berguna bagi masa depannya.

"Dengan adanya Pondok Polisi Pi Ajar ini diharapkan bisa jadi contoh bagi daerah lainnya. Dan memotivasi masing-masing distrik dan pemerintah, terhadap apa yang sudah dilakukan oleh Binmas Noken Polri," kata Kapolres.

IKLAN-TENGAH-berita

Selain dibidang pendidikan, kedepannya Polri akan melakukan suatu kegiatan dengan tujuan agar daerah Kwamki Narama menjadi maju dan percontohan bagi daerah lain.

Pada tahun 2020, pihaknya akan membuat hal yang positif dalam pemberdayaan masyarakat, seperti peternakan dan pertanian yang cocok, agar masyarakat lebih maju.

"Kapospol Kwamki Narama, Februari 2020 nanti kami akan serahkan 3.000 bibit ayam. Yang nantinya bisa dibagikan ke masyarakat untuk dikelola dengan baik. Namun sebelumnya, kami akan memberikan pelatihan-pelatihan," kata Kapolres.

Pelatihan ini tentunya bisa menunjang masyarakat dalam pengelolaan, bibit ayam. Sehingga diharapkan perekonomian di setiap keluarga akan meningkat.

"Selain ayam, mudah-mudahan ada ternak-ternak lain yang bisa diberikan, misalnya babi. Dengan harapan bisa tambah pendapatan Tapi kalau babi, masih menunggu banyak dulu. Dan sekarang ini masih dalam proses pengembangbiakan," tuturnya.

Ditambah lagi, pihaknya akan meningkatkan keamanan. Untuk itu, dirinya meminta kepada kepala kampung atau kelurahan untuk membuat pos kamling. Sehingga daerah ini menjadi aman dan nyaman. Sekaligus sebagai wadah pembinaan masyarakat.

"Kalau ada pos kamling, nanti saya akan sering datang kesini bertemu dengan masyarakat. Ini bertujuan lebih mendekatkan diri dan menciptakan kamtibmas yang kondusif," ungkapnya.

Sementara Ketua FKUB Mimika, Ignatius Adii mengatakan, dua tahun lalu datang untuk patah panah yang tujuannya untuk kedamaian di Kwamki Narama. Ini menunjukkan adanya campur tangan Tuhan dalam setiap kehidupan. 

Puji Tuhan, sampai dengan saat ini situasi di Kwamki Narama sudah aman. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa.

"Pada kesempatan ini, saya ingin sampaikan bahwa keamanan ada kunci pokok pembangunan daerah. Dan ini juga mendukung visi dan misi Bupati, agar daerah ini menjadi aman, damai, dan sejahtera," tutur Ketua FKUB.

Ia menambahkan, dengan adanya Pondok Pi Ajar dan Taman Baca ini diharapkan anak-anak di Kwamki Narama lebih pandai dan cerdas. Sehingga bisa ikut berperan dalam pembangunan daerah ini.

"Anak-anak di Kwamki Narama harus cerdas dan pintar, agar daerah ini lebih maju dan berkembang," ungkapnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar