Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun

Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun
Logo Bank Mandiri

JAKARTA | Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp33,5 triliun atau sekitar Rp1,1 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan permintaan uang tunai masyarakat pada perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Direktur Konsumer dan Transaksi Ritel Bank Mandiri Hery Gunardi di Jakarta, Senin, mengatakan dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26 persen dibandingkan periode normal atau periode reguler.

Dari besaran tersebut, kata Hery, pihaknya mengalokasikan sekitar 85 persen untuk kebutuhan dana di mesin ATM, sedangkan 15 persen untuk kebutuhan di kantor cabang.

Adapun jumlah dana yang disiapkan menjelang liburan Natal dan Tahun baru pada tahun ini sebesar Rp33,5 triliun, relatif stagnan dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp33,6 triliun.

"Jumlah kesiapan uang tunai yang relatif stabil itu karena meningkatnya transaksi elektronik atau digital yang dilakukan masyarakat, misalnya untuk berbelanja, masyarakat banyak gunakan transaksi digital," ujar Hery.

Saat ini Bank Mandiri memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

"Mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, sejak tanggal 9 Desember sampai 31 Desember 2019, Bank Mandiri akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM," kata Hery.

Langkah tersebut, kata Hery, akan dilengkapi dengan penerapan sistem pengawasan (monitoring) kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat.

Di samping jaringan ATM, Hery menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan jaringan perbankan elektronik, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking, dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

"Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi untuk mengetahui informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian isi ulang pulsa," ujar dia.

Untuk libur bersama tanggal 24 Desember 2019 dan hari Natal tanggal 25 Desember 2019, Bank Mandiri mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan terbatas, termasuk pembayaran terkait layanan SPBU Pertamina. Rinciannya, 128 cabang pada tanggal 24 Desember dan 78 cabang pada tanggal 25 Desember.

Sedangkan pada perayaan Tahun Baru, sebanyak 414 kantor cabang akan dioperasikan di seluruh Indonesia dengan perincian 324 cabang pada 31 Desember dan 90 cabang pada 1 Januari 2020.

 

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *