00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Di Timika Buang Sampah Sembarangan  Denda Rp25 Juta dan di Penjara

Di Timika Buang Sampah Sembarangan  Denda Rp25 Juta dan di Penjara
Petugas kebersihan mengangkut sampah di salah satu titik pembuangan. (Foto:Dok/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, tengah serius menangani masalah sampah yang kerap meresahkan. Berbagai upayapun telah dilakukan agar Timika bersih dari sampah yang dibuang secara sembarangan oleh warga.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Mimik, yakni menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah, bahwa  waktu membuang sampah dimulai pukul 18:00 WIt (Sore) sampai dengan pukul 06:00 WIT (Pagi).

Bagi warga yang  tidak mematuhi aturan tersebut dikenakan sanksi  penjara 3 bulan atau sekurang-kurangnya denda Rp25 juta. 

Keseriusan Pemkab Mimika dalam menangani masalah sampah di Mimika selain untuk keindahan Timika juga untuk menyongsong berlangsungnya Pesparawi dan PON XX Tahun 2020 mendatang.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob saat melaunching dan Meresmikan Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kabupaten Mimika mengatakan bahwa pemasangan cctv di 12 titik diantaranya dua pada kantor Bupati Mimika dan 10 titik pada jalanan tidak hanya memiliki fungsi di masalah keamanan dan lalulintas saja, namun juga dapat menjadi alat untuk memantau masyarakat Mimika dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama kebersihan dan keindahan kota Mimika .

"Jadi nanti untuk masyarakat yang buang sampah sembarangan juga dapat terekam oleh cctv ini," katanya di Timika, Senin (16/12).

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar