Bahas Pencairan ADD, Bupati Asmat Gelar Pertemuan  Kepala Kampung

Selasa, 17 Des 2019 20:08 WIT
ARAHAN - Bupati Asmat Elisa Kambu ketika memberikan arahan kepada kepala kampung.

ASMAT | Bupati Asmat Elisa Kambu menggelar tatap muka bersama kepala kampung, dan pendamping guna membahas pencairan  Alokasi Dana Sesa (ADD) tahap ketiga tahun 2019. 

Pertemuan yang berlangsung di Aula Ja Asamanam Apcamar Agats, Selasa (17/12) dihadiri Dinas Pemerintahan Kampung, dan OPD terkait.

Bupati Elisa mengatakan, anggaran ADD tahap ketiga 2019 sebenarnya dicairkan di Bulan Desember, tetapi karena ada faktor lain sehingga baru bisa dicairkan pada Januari 2020.

Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan anggaran ADD.

"Karena kalau Bulan Desember ini dicairkan, maka bisa dipastikan progam pembangunan tidak efektif, dikarenkan Bulan Desember adalah  hari raya Natal yang bisa dipastikan jajaran kepala kampung memanfaatkanya untuk kegiatan natalan tahunan tersebut, sehingga pencairan  dana kampung tahap III di bijaki  diundurkan Januari 2020 mendatang," jelas Elisa. 

Ia berharap, kepada jajaran kampung agar bersabar mengikuti kebijakan yang di buat pemerintah, sehingga tidak adanya timbul kecurigaan antara kepala kampung dan jajaran pemerintah terkait.

"Jajaran kepala kampung juga diminta agar sosialisasikan kepada aparat kampung dan seluruh masyarakat atas pengunduran pencairan ADD tahap III 2019," harapanya.

Selain itu, kepala kampung diharapkan mendukung penuh setiap progam yang diluncurkan oleh pemerintah ke masyarakat, hal ini demi mempercepat visi kesejahteraan di Asmat.

Elisa juga mengingatkan segenap pendamping kampung agar melengkapi segala administrasi pencairan ADD tahun 2019. Baik tahap satu dan dua yang telah selesai, maupun tahap tiga yang akan di cairkan Januari nantinya.

"Tugas pendamping desa adalah terutama mengatur seluruh adminstrasi pencairan ADD di kampung setempat, dan selanjutnya adalah mendorong pembangunan di kampung sesuai keiginan masyarakat  melalui juknis yang ada," tutur Elisa. 

"Jadi tahap pertama dan dua sudah cairan, dan pembangunan di kampung telah rampung, segeralah membuatnya LPJ, agar mendukung kelancaran ADD setiap tahunnya di Asmat," tambah Elisa.

 

Reporter: Fagi
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan