00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

H-1, Harga Sembako dan Ayam di Timika Normal, Berikut Daftar Harganya

H-1, Harga Sembako dan Ayam di Timika Normal, Berikut Daftar Harganya
Yuri Chicken yang menjual ayam dan daging serta ikan. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | H-1 menjelang perayaan Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun baru 2020, sejumlah barang sembilan bahan pokok (Sembako) di Pasar Sentral Timika masih diharga lama atau normal.

"Rata-rata harga masih normal semua, paling yang naik bawang merah dari sebelumnya Rp40 ribu per Kg sekarang naik menjadi Rp45-50 ribu per Kg, jadi hanya naik Rp5 ribu sampai Rp10 ribu saja, sisanya itu masih diharga lama," ungkap salah satu pedagang di Pasar Sentral Timika, Papua, Alvin kepada Seputarpapua.com Selasa (24/12).

Sementara kata Alvin untuk bahan sembako lainnya seperti cabe kecil masih diharga normal Rp70 ribu per Kg dan cabe besar Rp50 ribu per Kg.

Untuk wortel juga masih bertahan diharga lama per kilonya Rp25 ribu, kentang Rp25 ribu per kg, labu siam masih Rp20 ribu per , kol Rp23 ribu dan tomat per kilonya masih Rp20 ribu, serta beberapa bahan sembako lainnya masih tetap diharga normal.

iklan_lokal_dalam_berita

"Yang paling banyak diminati pembeli jelang natal sudah pasti bahan-bahan untuk masak daging seperti lengkuas dan sayur kol, kentang wortel dan bumbu lainnya," kata Alvin.

Alvin yang dikenal dengan harga dagangannya yang relatif murah sehingga banyak pembeli yang menjadi pelangganya tersebut mengungkapnya bahwa untuk H-1 pembeli relatif banyak dari biasanya.

??????

??????alt text

Salah satu pedagang Alvin, yang berjualan di Pasar Sentral Timika ketika sedang melayani pembeli. (Foto: Hadija/SP)

 

Salah satu pembeli yang enggan menyebutkan namanya juga terlihat sedang membeli beberapa bahan sembako yang mengaku sebagai langganannya Alvin.

"Kalau saya memang sering belanja di sini, ini saya datang membeli bahan-bahan untuk memasak daging buat Natal besok," katanya.

Sementara untuk harga ayam mengalami kenaikan harga namun tidak begitu besar. Seperti pada salah satu tempat penjulan ayam di Timika Yury Chicken. Harga ayam yang dijual per kilonya Rp37 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu per Kg.

"Kami juga tidak tau kenapa bisa naik harga dari Surabaya makanya kami juga naikan Rp2 ribu," kata salah satu pemilik Yuri chicken, Haji Putri.

"Insha Allah selesai tahun baru harganya sudah pasti turun lagi ke normal," tambahnya sembari senyum.

Sementara untuk harga ayam kampung masih diharga normal Rp70 ribu per Kg. Haji Putri juga mengungkapkan bahwa sejak H-3 jelang Natal pembeli bisa meningkat 6 kali lipat dari biasanya.

Yury Chicken juga memiliki promosi khusus untuk pembeli diatas harga Rp500 ribu akan mendapatkan hadiah, namun untuk promo tersebut akan diberlakukan pada Tahun Baru 2020 yang tinggal 5 hari lagi.

"Kemarin kami buat di malam takbiran jelang lebaran Idhul Fitri, jadi nanti di Tahun baru kami buat lagi," ujar Haji Putri.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar