seputarpapua.com

Ada Kapal Baru, Rute Timika Dobo Pulang Pergi, Bisa Angkut Motor Hingga Truk

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
TEMPAT DUDUK | Salah satu ruang duduk ekonomi untuk penumpang di kapal Satya Kencana II (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
TEMPAT DUDUK | Salah satu ruang duduk ekonomi untuk penumpang di kapal Satya Kencana II (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kabar gembira masyarakat Dobo, Maluku Tenggara, Maluku yang tinggal di Kabupaten Mimika, Papua. Saat ini sudah ada Kapal Motor Penumpang (KMP) Satya Kencana II melayani angkutan laut.

KMP Satya Kencana II ini akan melayani rute pelayaran Timika- Dobo pulang pergi (PP), lDobo – Saumlaki, dan sekitar kepulauan Aru.

Dimana pelayaran lintasan Timika- Dobo akan dilayani satu kali dalam 2 minggu dengan jarak tempuh 19 jam.

KMP Satya Kencana II dioperasikan oleh PT Dharma Dwipa Utama anak perusahaan PT Dharma Lautan Utama yang bergerak dibidang pelayaran dan kini mendapatkan tugas dari pemerintah untuk dapat melayani masyarakat agar memperluas dan mempermudah akses transportasi antar pulau, kabupaten dan provinsi di wilayah Indonesia Timur

Pengoperasian kapal tersebut ditandai dengan acara penyambutan pelayaran perdana yang dilaksanakan di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Pomako Timika, Papua, Jumat (9/4/2021)

Direktur PT. Dharma Dwipa Utama, Gede Mahartha dalam sambutannya menjelaskan, panjang kapal KMP Satya Kencana II 65,8 meter dengan lebar 13,8 meter. Kapasitas penumpang 450, sedangkan untuk kendaraan mencapai 40 unit mulai dari motor hingga truk.

KMP Satya Kencana II juga dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas seperti ruang duduk ekonomi, ruang VIP, ruang tidur ekonomi, mushola, dan geladak kendaraan.

“Semoga dengan kehadiran KMP Satya Kencana II ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Timika dan masyarakat Dobo, juga dapat memperlancar arus distribusi barang dan orang, serta dapat meningkatkan perekonomian wilayah di masing-masing daerah yang dilalui dan terlebih untuk menjaga disparitas harga, ” ujarnya

Sementara itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob yang hadir menyambut kapal meminta pelayaran ini dapat dilakukan secara konsisten agar masyarakat dapat merasakan manfaat program pemerintah melalui angkutan penyeberangan perintis, Direktorat Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI.

Hadirnya KMP Satya Kencana II, kata Wabup John, maka menjadi lengkap pelayanan sabuk selatan hingga Papua.

“Saya harap masyarakat dapat menggunakan fasilitas dengan baik, dan kepada fasilitator juga harus perkuat komitmen untuk terus melayani masyarakat dengan baik,” harapnya.

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Misba

Berita Terkait
Baca Juga