Akhir Tahun 2020, Bank Mandiri Timika Mengaku Transaksi Keuangan Menurun

Kepala Cabang Utama PT. Bank Mandiri KC. Timika Dagomes Lein
Kepala Cabang Utama PT. Bank Mandiri KC. Timika Dagomes Lein

TIMIKA | PT Bank Mandiri Cabang Timika mengaku menyediakan uang senilai Rp144 miliar pada akhir 2020 ini. Jumlah ini disiapkan untuk mendukung transaksi ekonomi masyarakat, pemerintah maupun swasta dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Meski demikian, jumlah ini menurun bila dibandingkan dengan kurun waktu yang sama pada tahun 2019. Dimana pada tahun lalu, Bank Mandiri menyediakan sekitar Rp155 miliar atau turun sekitar Rp11 miliar.

“Kalau untuk peredaran uang akhir tahun ini, Bank Mandiri siapkan uang sebesar 144 miliar, kalau di bandingkan dengan tahun lalu artinya tahun ini lebih turun sedikit, tahun ini turun 11 miliar,” kata Kepala Cabang Utama PT. Bank Mandiri KC. Timika Dagomes Lein saat diwawancarai Seputarpapua.com, di ruang kerjanya, Rabu (30/12/2020).

Dijelaskan hal ini disebabkan karena tahun ini, banyak anggaran tidak masuk ke daerah karena dialihkan ke penanganan Covid-19.

“Hal ini otomatis berpengaruh pada pencairan dana yang otomatis juga berpengaruh pada peredaran uang tunai,” kata Dagomes.

Sejauh ini, untuk transaksi keuangan yang dilakukan oleh masyarakat Mimika masih lebih besar adalah transaksi Cash dibanding dengan transaksi elektronik.

IKLAN-TENGAH-berita

Namun kata Dagomes, kalau melihat perkembangan dari tahun ke tahun, transaksi keuangan secara elektronik atau digital semakin baik dan tinggi.

“Artinya orang-orang sudah mulai beralih dari transaksi cash ATM atau tarik tunai di bank, orang-orang sudah lebih pada menggunakan digital banking atau transaksi elektronik. Meski besarannya belum signifikan tetapi transaksi itu meningkat dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar