Akhirnya Lemasa di Mimika Bersatu, Empat Tokoh Amungme Berperan Penting

BERSAMA - Para tokoh adat bersama-sama sepakat menyatukan Lemasa. (Foto: Saldi/SP)
BERSAMA | Para tokoh adat bersama-sama sepakat menyatukan Lemasa. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Setelah melalui proses panjang membenahi kelembagaan adat yang sebelumnya sempat terjadi dualisme kepemimpinan dan kelembagaan, akhirnya para tokoh suku Amungme di Kabupaten Mimika sepakat Lembaga Adat Suku Amungme (Lemasa) bersatu.

Kesepakatan ini dituangkan dalam Penandatanganan Naskah Kesepakatan dan Kesepahaman Lemasa yang dilakukan di kediaman Yan Pieter Magal sebagai inisiator, Jumat (10/7).

Selain Pieter Yan Magal, tiga tokoh lainnya yang berperan penting menyatukan Lemasa, yakni Agustinus Anggaibak, Mathius Magal dan Elminus B. Mom.

Perjuangan empat tokoh tersebut akhirnya membawa Lemasa menjadi satu dari yang sebelumnya Lemasa kubu Donatus Kelanangame berdiri dengan Lemasa versi Lembaga Masyarakat (Bukan musyawarah) Adat Suku Amungme, dan Johanes Kasamol versi lembaga musyawarah adat yang sebelumnya telah memberhentikan Odizeus Beanal dan mengangkat Stingal Johnny Beanal.

Para tokoh juga sepakat lembaga musyawarah adat atau Lemasa dinakhodai Stingal Johnny Beanal sebagai direktur.

Tokoh-tokoh yang hadir antara lain, Johanes Kasamol, Yopi Kilangin, Yoppy Magal, Lewi Uamang, John Beanal, Dom Kum, Michael Magal, Yunus Omabak dan Hendrikus Uamang.

Untuk diketahui penandatanganan kesepakatan ini juga dihadiri Tokoh Amungme lainnya, yakni Yoel Beanal, Anthonius Alomang, Abel Magal, Markus Timang, Paulus Pinimet, Niko Pugutme, Mesak Bugaleng, Stefanus Onawame, Yulia Beanal, Helena Beanal serta para pemuda dan intelektual Amungme lainnya.

Sementara Donatus Kelanangame, Karolus Tsunme dan Karel Kum tidak sempat hadir mengikuti pertemuan tersebut. Namun, akan menjadi tugas Direktur Lemasa Stingal Johnny Beanal untuk menyampaikan hasil penandatanganan dan kesepahaman bersama ini agar tidak menjadi permasalahan dikemudian hari.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar