Amoreus Bertarung di PON Papua, Warga Kampung di NTT Antusias Nobar Pakai HP

Warga kampung di NTT ntusias menyaksikan siaran live PON XX Papua bermodalkan seperangkat HP dengan koneksi internet yang terbatas. Ist

TIMIKA | Warga Kampung Klotong, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat berbangga karena salah satu putra terbaik dari kampung mereka bisa mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Sekitar 50an warga kampung tersebut berkumpul di Kantor Balai Desa persiapan Bura Bekor menonton menggunakan Handphone yang dihubungkan ke sebuah speaker bluetooth kecil.

Meski hanya menggunakan HP dengan kondisi sinyal kurang baik dan paket data yang terbatas, puluhan warga antusias menyaksikan jagoan mereka bertarung di event olahraga terbesar tanah air.

Semangat mereka makin berkobar begitu Yoseph Amoreus, atlet Tarung Derajat kebanggan NTT dari Kampung Klotong Maumere berhasil menaklukkan Maki Mubarok asal Jawa Timur dengan skor 2:1.

Rikardus Nong Son, seorang warga yang juga kerabat dekat dari Yoseph Amoreus bercerita bahwa keseharian Yoseph adalah seorang guru olahraga.

“Keseharian dia pokonya orangnya baik, rendah hati. Makanya meskipun pulsa paket data seadanya tapi kami berusaha tunggu sampai om (panggilannya untuk Yoseph) bertanding,” kata Rikardus melakui sambungan telepon, Jumat (8/10/2021).

Ia mengatakan, awalnya ada warga yang berusaha menonton lewat siaran TVRI namun ternyata sulit terhubung menggunakan antena parabola.

Akhirnya, puluhan warga mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, hingga anak-anak muda dan remaja berkumpul nonton bareng pakai HP seadanya di balai kampung.

“Kami sangat bangga karena kami punya keluarga bisa masuk TV, bisa ikut pertandingan di Papua. Semoga bisa juara 1, Amin. Dan kami harus nonton dengan cara apapun. Besok kalau Om main kami akan nonton, semoga kalau ada paket pulsa internet,” tutur Rikardus.

Opitimis Bawa Pulang Emas

Meski masih akan melalui beberapa pertandingan, Pelatih Atlet Tarung Derajat NTT Marianus Jago optimis bakal memboyong medali emas pada cabang olahraga Tarung Derajat kelas 52,5 – 55 kg pada PON XX ini.

Marianus Jago berterima kasih kepada anak asuhnya yang sudah memberikan hasil memuaskan pada babak penyisihan yang berlangsung di Gedung Eme Neme Timika, Papua.

“Saya sangat yakin pada pertandingan selanjutnya, pasti kami akan menang lagi, ketika melawan dengan atlet dari Aceh pada Minggu (10/10/2021) ini,” tutur Marianus, seusai kalahkan Jatim, Jumat (08/10/2021).

Yoseph Amormeus sendiri begitu yakin bakal memenangkan pertarungan dengan atlet tarung derajat asal Aceh, Minggu ini.

“Apapun hasilnya, menang atau kalah pada pertandingan selanjutnya, saya tetap bersyukur, karena apapun kehebatan kita, Tuhan yang menentukan,” ucap Amor.

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.