AMSI Luncurkan Hasil Riset Lanskap Media Digital Jawab Tantangan Kekinian

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar Peluncuran Hasil Riset Lanskap Media Digital di Indonesia dengan tema “Menyambut Tantangan dan Peluang Digital untuk Media Online Lokal” pada Kamis (29/7/2021).

Sekretaris Jenderal AMSI, Wahyu Dhyatmika dalam sambutannya di pertemuan virtual itu menjelaskan, peluncuran ini dianggap penting untuk merumuskan kebutuhan media digital Indonesia. Khususnya dalam peningkatan kapasitasnya.

“Kita tahu, transisi dari media konvesional menjadi media digital tidak terelakkan, itu adalah sebuah keniscayaan yang pasti terjadi. Hanya saja di lapangan, kita masih melihat banyak problem mulai dari kapasitas manajemen bisnis sampai kapasitas jurnalisme, eksekusi jurnalisme yang berkualitas,” ungkapnya, Kamis.

Agar masalah ini terselesaikan, menurut Wahyu, itulah sebabnya riset ini dilakukan. Wahyu berharap hasil riset ini dapat menjawab sengkarut masalah tersebut.

Senior Rule of Law and Government Relation Advisor USAID, Dondy Sentya usai sambutan Wahyu mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dan rilis survey dari AMSI yang merupakan wadah media siber di Indonesia, untuk memetakan situasi, prospek dan tantangan media siber di Indonesia.

“Survey ini diharapkan dapat menjadi baseline bagi rekan-rekan media yang menghadapi tantangan era digital yang mendorong banyak pihak untuk bertransformasi menjadi media digital,” ujar Dondy.

Mengingat tingginya aksesibilitas media online di Indonesia dan juga akses masyarakat Indonesia ke Digital Outsources, Dondy mengharapkan survey ini dapat mengungkap kemajuan prospek sekaligus mengelola tantangan media agar dapat bertahan di era digital ini.

Dondy juga mengakui maraknya pengguna media sosial serta kemunculan individual influencer di platform medsos, juga maraknya misinformasi dan disinformasi yang dalam beberapa kesempatan juga dilakukan karena rendahnya literasi publik. Hal ini disebut Dony dapat mengancam kepercayaan terhadap media itu sendiri.

Dengan Peluncuran Hasil Riset Lanskap Media Digital di Indonesia ini, Dondy berharap, keluhan yang disebutkan itu mendapatkan jawabannya.

“Diharapakan publik mendapat wawasan terbaru terkait sejumlah pertanyaan-pertanyaan eksistensial tadi untuk media di Indonesia beberapa tahun kedepan,” pungkas Dondy.

penulis : Yonri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan