Anak-anak Penghirup “Lem Aibon” Marak di Timika, Peran Satpol PP Disinggung Anggota DPRD

Anggota Komisi C DPRD Mimika, Reddy Wijaya. (Foto: Saldi/SP)
Anggota Komisi C DPRD Mimika, Reddy Wijaya. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Anak-anak usia SD hingga SMP yang menghirup “lem Aibon” terlihat hampir di seluruh sudut Kota Timika. Mereka bahkan sampai tertidur di emperan toko-toko.

Tidak hanya anak-anak penghirup “lem Aibon”, para pemabuk juga semakin banyak di Timika.

Aktivitas anak-anak generasi Kabupaten Mimika, Provinsi Papua ini bahkan mengganggu sebagian masyarakat.

Terkait penyakit sosial ini, Anggota Komisi A DPRD Mimika, Reddy Wijaya berbicara soal peran Satpol PP.

Ia mengatakan, Satpol PP merupakan petugas keamanan pemerintah yang harus diberdayakan untuk memantau situasi seputar penyakit masyarakat di Timika.

Reddy mengungkapkan, beberapa waktu lalu iamelakukan koordinasi dengan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Era Adhinata terkait penyakit sosial masyarakat yang kian marak di Timika.

Dikatakan, Kapolres Mimika yang merupakan orang nomor satu di jajaran Polres Mimika itu merespon baik. Namun kata Reddy, Polres Mimika menghendaki adanya sinergitas dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait.

“Jadi dari dinas pun harus bersinergi, kerjasama dengan pihak kepolisian, dan juga Satpol PP,” kata Reddy saat ditemui di ruang kerjanya Gedung DPRD Mimika, Senin (29/6).

Anggota DPRD Mimika yang gemar bermain basket ini menuturkan, keterlibat Satpol PP diperlukan, karena mereka merupakan bagian dari pihak keamanan lingkup pemerintahan untuk mengatasi dan menertibkan penyakit-penyakit sosial di masyarakat.

Sebab, kata dia, akan percuma jika hanya pihak kepolisian melakukan penertiban tanpa keterlibatan pemerintah daerah melalui Satpol PP dan dinas terkait lainnya, karena ini berkaitan dengan pembinaan dan penampungan dalam tempat rehabilitasi.

“Mungkin saat ini sudah ada yang namanya panti rehabilitasi, namun itu pun belum berjalan maksimal sesuai yang diharapkan,”katanya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar