seputarpapua.com

Anak Timika Penggagas Miniatur Indonesia di Amerika, Segera Diresmikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Prototype Little Indonesia yang akan diresmikan pada 16 Mei 2021, mendatang di di Downtown Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat. (Foto: Indonesia Community Connect)
Prototype Little Indonesia yang akan diresmikan pada 16 Mei 2021, mendatang di di Downtown Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat. (Foto: Indonesia Community Connect)

TIMIKA | Indonesian Community Connect (ICC) segera merilis Distrik Little Indonesia di Downtown Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat pada 16 Mei 2021, mendatang.

Chair of ICC Indonesia Committee, Pernus Tarasen menjelaskan, pembangunan Little Indonesia ini berawal dari cita-cita mahasiswa dan Diaspora Indonesia untuk mewujudkan miniatur Indonesia bagi yang tidak sempat pulang kampung.

“Di Amerika itu ada chinatown (pecinan), ada Kawasan Amerika Latin, masa kita dari Indonesia tidak membuat sesuatu yang merupakan ciri khas kita untuk dipamerkan di dunia,” tutur Pernus Tarasen, penggagas Little Indonesia ini kepada seputarpapua.com saat ditemui di Jalan Budi Utomo, Sabtu (18/4/2021).

Hal tersebut mengilhami dia bersama rekan-rekannya di ICC untuk mengajukan projek Little Indonesia kepada otoritas setempat.

“Puji Tuhan, saat kita ajukan itu, mereka ternyata bersemangat sekali. Dan sekarang lokasi untuk pembuatan Little Indonesia sudah siap dan tinggal diresmikan,” terangnya.

Dijelaskan Pernus, Little Indonesia adalah rencana jangka panjang ICC untuk menghubungkan masyarakat Indonesia dengan warga Amerika Serikat melalui ekspresi seni, budaya dan peluang ekonomi melalui kawasan bisnis yang dinamis.

“Ini merupakan peluang bagi kita, warga Indonesia. Bisa perkenalkan kuliner, budaya dan berpameran seni di sana,” ucapnya.

Hingga saat ini, diakui Pernus, sudah ada beberapa pemerintah provinsi dan kabupaten yang ingin berinvestasi di Projek Little Indonesia. Setiap daerah di Indonesia yang mendukung projek ini akan mendapat apresiasi dengan dipasangkan banner di distrik baru ini.

“Harapan saya, kita di Papua khususnya Mimika dapat mengambil kesempatan ini untuk perkenalkan kekayaan budaya kita,” harap Pernus.

 

Chair of ICC Indonesia Committee, Pernus Tarasen. (Foto: Yonri/Seputarpapua)

 

ICC merupakan organisasi nirlaba yang berbasis di New Hampshire. ICC berfokus untuk menghubungkan masyarakat Indonesia dengan daerah-daerah di Amerika Serikat dalam bidang pendidikan dan perayaan yang mempromosikan kekayaan warisan budaya Indonesia.

“kita juga merupakan pusat sumber daya bagi para pemangku kepentingan kita yang melibatkan orang-orang di komunitas terdekat, pemerintah daerah dan kolaborator kita,” pungkasnya.

Projek Little Indonesia ini sudah disambut baik oleh Pemerintah Indonesia. Melalui Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar. Pemerintah mendukung penuh peluang ini dan berharap distrik ini dapat menjadi pintu masuk Indonesia di Amerika Serikat.

“Ini adalah visi yang dicita-citakan oleh Indonesian Community Connect dan Somesworth. Itu akan diwujudkan lebih cepat dari yang diperkirakan banyak orang,” ujarnya dalam rilis yang diterima seputarpapua.com, Minggu (18/4/2021).

Reporter: Yonri Revolt
Editor: Misba

Berita Terkait
Baca Juga