Anak Usia 12 Sampai 17 Tahun Disarankan Ikut Vaksin di Sekolah

Ilustrasi (Foto: Sevianto/SP)
Ilustrasi (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua, Reynold Ubra mengatakan, berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan, anak usia 12 sampai 17 tahun sudah bisa mengikuti imunisasi Covid-19.

Namun, saat ini Dinas Kesehatan masih memilih strategi yang tepat untuk pemberian imunisasi kepada anak-anak.

Hal ini karena sejak diperbolehkan imunisasi kepada anak-anak, mereka justru berkerumun dengan orang-orang dewasa.

Menurutnya, dengan berkerumun seperti itu anak-anak justru berpeluang tertular.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan dan pihak sekolah agar pelaksanaan imunisasi kepada anak-anak bisa terorganisir.

“Untuk anak-anak dan remaja kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini dinas pendidikan, pihak sekolah, komite sekolah, supaya pelayanannya bisa strategis yang memang khusus untuk anak-anak,” katanya saat diwawancara, Senin (12/7/2021).

Lanjutnya, kalaupun tidak ada pelaksanaan sekolah tatap muka, pelaksanaan vaksinasi bisa dijadwalkan dan tentu tidak akan terjadi kerumunan.

Reynold mengatakan, sudah menjadi tanggung jawab untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan pada saat pemberian imunisasi Covid-19 ini.

“Oleh karena itu, untuk anak-anak, termasuk lansia, termasuk penduduk yang punya komorbid nanti kami akan membuat jadwal tersendiri atau terpisah dari kegiatan gerai ini,” kata Reynold.

Kemungkinan kata dia, akan ada gerai khusus untuk anak-anak.

“Anak-anak dan lansia itu akan kita vaksin tapi jangan ke gerai dulu karena kerumunannya banyak. Mereka jangan datang kesitu kasihan nanti terpapar,” katanya.

reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.