Anggota Pendam XVII/Cenderawasih Perkaya Ilmu Jurnalis

Anggota Pendam XVII Cenderawasih Perkaya Ilmu Jurnalis
Suasana saat anggota Pendam XVII/Cenderawasih mengikuti pelatihan jurnalistik di Media Center Kodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Senin (16/10/2024). (Foto: Indrayadi TH/Seputarpapua)

JAYAPURA | Untuk menghasilkan laporan kegiatan berupa tulisan, foto maupun video dalam bentuk karya jurnalistik, seluruh jajaran Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih mengikuti pelatihan khusus jurnalistik di tingkat internal, Senin (16/10/2023), di Kota Jayapura, Papua.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Johanis Parinussa mengatakan, jajaran Penerangan Kodam harus bisa menguasai tugas pokok, bahkan juga harus mempunyai insting jurnalis.

“Jajaran Pendam harus bisa menguasai tugas pokok, bahkan juga harus mempunyai insting jurnalis, agar dapat menghasilkan produk jurnalistik yang baik dan nantinya akan dikirim ke rekan-rekan media,” kata Kolonel Inf Johanis Parinussa.

Ia pun mengatakan setiap anggotanya wajib mengikuti pelatihan jurnalis online, foto dan video. Sebab, tidak semua anggota TNI khususnya pada Pendam XVII/Cenderawasih mendapatkan kesempatan yang baik seperti ini.

“Dari beberapa anggota Pendam, memang ada yang pernah ikuti latihan jurnalistik di luar Papua. Dengan adanya ini, saya harap dapat menambah ilmu jurnalistik ke semua anggota, dan di aplikasikan di lapangan,” harapnya.

Serka Kusmanto salah satu peserta pelatihan mengatakan, dirinya senang diadakan pelatihan pendalaman teknik-teknik jurnalistik.

“Saya pernah ikut pelatihan di Bandung, tapi banyak teknik yang memang belum saya kuasai. Jadi ini momen yang bagus untuk perdalam ilmu jurnalistik,” kata Kusmanto.

Kegiatan pelatihan jurnalis tulis, foto dan video tersebut berlangsung di Media Center Pendam XVII/Cenderawasih dan diikuti 20-an peserta.

Adapun pemateri dalam pelatihan ini diisi oleh dua jurnalis, yakni Findi Rakmeni dari Kompas TV dan Indrayadi TH dari Seputarpapua.com.

penulis : IndrayadiTH
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan