Angin Kencang Disertai Gelombang Laut Rusak Rumah Warga di Pesisir Mimika

RUSAK | Air naik disertai angin kencang dan gelombang menerjang sejumlah wilayah pesisir Mimika, Papua, dan menyebabkan sejumlah rumah milik warga rusak parah. (Foto: Ist/Seputarpapua)
RUSAK | Air naik disertai angin kencang dan gelombang menerjang sejumlah wilayah pesisir Mimika, Papua, dan menyebabkan sejumlah rumah milik warga rusak parah. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Fenomena angin kencang disertai air pasang dan gelombang cukup besar menerjang wilayah pesisir Kabupaten Mimika, Papua, pada Rabu, 5 Januari 2022.

Sejumlah rumah mengalami rusak parah hingga tidak dapat ditempati lagi.

Kepolsek Mimika Barat, Iptu Alfred D. Wasia, membenarkan adanya fenomena alam tersebut.

Dia mengatakan, air pasang disertai gelombang dan angin kencang masuk hingga ke wilayah sungai terjadi pada Rabu pukul 03.00 WIT, ketika masyarakat setempat sedang beristirahat.

“Petugas kita dari Polsek Mimika Barat yang kesana, karena wilayah Distrik Amar masih dalam wilayah hukum Polsek Mimika Barat,” kata Iptu Wasia melalui sambungan telepon, Kamis (06/01/2022).

Sejumlah rumah mengalami kerusakan parah antara lain milik kepala suku Amar, ketua RT bapak Allo, mama Wili dan ibu Parman.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya beberapa rumah warga di Distrik Amar mengalami kerusakan parah hingga tidak dapat ditempati lagi.

 

 

Warga yang mengalami dampak dari fenomena ini, kini mengungsi sementara di rumah keluarga mereka yang berada di Distrik Amar.

“Korban jiwa tidak ada, hanya materi saja, rumah dan barang-barang. Rumah hancur, tidak bisa apa-apa lagi. Keluar cuma dengan baju di badan,” terang Wasia.

Posisi rumah warga yang terkena dampak berada dipinggiran sungai atau kali. Di mana sungai itu berada dekat dengan bibir pantai.

Kondisi terakhir di wilayah itu, kata Wasia, sudah kembali normal. Di mana fenomena yang terjadi tidak berlangsung lama.

Iptu Wasia juga menyampaikan bahwa fenomena yang sama terjadi di Kaokonao, namun hanya satu rumah warga terkena dampak, begitu juga di wilayah Atuka, satu rumah milik ibu Janda Margareta.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.