Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Papua Capai 50 Persen

dr. Silwanus Sumule
dr. Silwanus Sumule

TIMIKA | Satuan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mencatat, hingga Jumat (26/6) sudah 50 persen pasien positif dinyatakan sembuh.

“Hari ini prestasi luar biasa. Sudah 50 persen pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh,” kata Jubir Covid-19 Provinsi Papua melalui video conference, Jumat malam.

dr. Silwanus mengatakan, pasien sembuh berjumlah 813 dari jumlah kasus positif secara kumulatif sebanyak 1.619.

“Yang masih dirawat per hari ini berjumlah 790 kasus,” kata dr. Sumule.

Jumlah pasien sembuh tersebar di 14 kabupaten/kota di Provinsi Papua dengan rincian, Kota Jayapura 286 orang, Kabupaten Mimika 304 orang, Kabupaten Jayapura 73 orang, Biak Numfor 61 orang.

Selanjutnya, Kabupaten Keerom 20 orang, Nabire 14 orang, Jayawijaya 17 orang, Boven Digoel 14 orang, Merauke 16 orang, Sarmi 3 orang, Mamberamo Tengah 2 orang, Supiori 2 orang dan Kepulauan Yapen 1 orang.

Bertambahnya jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, kata dr. Sumule tidak terlepas dari kerja keras tim medis di Provinsi Papua yang menemukan kasus secara dini, dan melakukan perawatan secara intensif.

dr. Sumule berharap, warga di Provinsi Papua memberikan dukungan penuh kepada petugas medis yang terus bekerja tanpa mengenal waktu dan penuh risiko.

“Satu tenaga medis jika terkonfirmasi positif Covid-19 itu berarti kita kehilangan 30 hari kerja penanganan pasien,” kata dr. Sumule.

Selain memberikan dukungan kepada tenaga medis, ia juga menghimbau agar masyarakat tidak memberikan stigma negatif kepada pasien Covid-19.

Agar penanganan Covid-19 di Provinsi Papua tertangani dengan baik dan cepat, tentu dibutuhkan dukungan dari warga dengan cara mengikuti protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir dan menjaga jarak.

“Jika disiplin terhadap protokol kesehatan, maka kita akan sama-sama menangani Covid-19 ini dengan baik,” katanya.

 

Reporter: Misba
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar