Anyam Rambut, Bukan Cuma Tradisi Tapi Kebanggaan Perempuan Papua

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
ANYAM | Karyawan Merli Salon menganyam rambut salah satu pelanggannya. Kamis (23/3/2021). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
ANYAM | Karyawan Merli Salon menganyam rambut salah satu pelanggannya. Kamis (23/3/2021). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Elisabeth Maria Solme, perempuan asli Suku Amungme di Timika, Papua sejak awal Pandemi pada Maret 2020 lalu memilih membuka salon anyam rambut khas Papua.

Elisabeth mengungkapkan, alasan utama dia membuka salon yang diberi nama Merli (gabungan nama anaknya Mery dan Lidya) itu ialah untuk mempekerjakan perempuan Papua.

Sebelum akhirnya membuka salon anyam rambut, perempuan yang biasa disapa Merlin ini sudah menjalani usaha menjual rambut sambung secara online dari rumah.

Menurutnya, masih banyak perempuan Papua yang mungkin saja belum memiliki pekerjaan karena putus sekolah. Namun disisi lain mereka memiliki kemampuan yang tak dimiliki semua orang, salah satunya adalah menganyam rambut.

“Jadi saya buka tempat ini supaya ada tempat kerja bagi kita punya anak-anak Papua yang punya bakat alami yang bisa menganyam,” katanya saat ditemui Jurnalis Seputarpapua.com di salonnya di Jalan Budi Utomo, Timika, Kamis (25/3/2021).

“Di salon itu ada empat perempuan Papua berusia mulai 21 sampai 29 tahun yang dengan bakat alaminya terampil menganyam helai demi helai rambut pelanggan yang datang,” sambungnya.

Ibu dari empat orang anak ini mengungkapkan, selain untuk mempekerjakan perempuan Papua, usaha yang dibangunnya ini juga untuk menjaga tradisi perempuan Papua yang sejak lahir memiliki rambut keriting.

Ada berbagai jenis anyaman rambut yang bisa dibuat oleh tangan-tangan terampil ini, mulai dari anyaman biasa untuk rambut asli, anyaman sambung tempel dan anyaman lepas.

Pelanggan yang datang untuk dianyam rambutnya juga bukan hanya orang Papua, tetapi juga banyak bukan non Papua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti