Aparat Bubarkan Kelompok Massa yang Hendak Demo di DPRD Mimika

PENGAMANAN | Aparat melakukan pengamanan di Jalan Cenderawasih, depan gedung DPRD Mimika terkait rencana aksi demo, Senin (18/4/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
PENGAMANAN | Aparat melakukan pengamanan di Jalan Cenderawasih, depan gedung DPRD Mimika terkait rencana aksi demo, Senin (18/4/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Aparat keamanan di Kabupaten Mimika, Papua membubarkan sejumlah kelompok masyarakat yang hendak melakukan aksi demo di gedung DPRD Mimika, Senin (18/4/2022).

Pembubaran dilakukan ketika kelompok-kelompok ini berkumpul dan hendak melakukan aksi demo menuju gedung DPRD Mimika. Bahkan dalam pembubaran itu, mereka sempat melakukan pelemparan batu ke arah aparat.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, langkah yang dilakukan pihaknya berdasarkan hasil penilaian intelijen soal rencana aksi demo yang dilakukan kelompok menamakan diri Petisi Rakyat Papua (PRP).

“Tiba-tiba muncul dari lorong-lorong. Terbukti dari deteksi intelijen, mereka langsung lempar batu ke aparat. Kalau kita izinkan, sedangkan saya harus menjaga keamanan dan ketertiban kota Timika, itu tanggungjawab saya sebagai Kapolres,” ujar Kapolres.

Kelompok masyarakat yang dibubarkan aparat antara lain mereka yang berada di sekitar Timika Indah dan Jalan Cenderawasih. Bahkan, dari pembubaran itu aparat juga mengamankan beberapa orang.

“Kebetulan pada saat pelemparan itu dia ada di tengah-tengah massa. Makanya kita amankan dulu, kita bawa dulu, nanti setelah diperiksa baru kita lepaskan,” katanya.

Tidak hanya itu, Kapolres juga menyangkan aksi yang hendak dilakukan justeru pada saat hari libur. Dalam hal ini umat kristiani sedang melaksanakan perayaan Paskah hari kedua, sehingga pada sejumlah gereja sedang mengadakan ibadah Paskah.

“Dalam situasi Paskah ini, saya meminta tolong lah, hargai masyarakat yang sedang melaksanakan Paskah ini,” harap Kapolres.

Dalam pengamanan ini, aparat keamanan mengerahkan 600 personel dari TNI-Polri, mulai dari Kodim hingga Brimob.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.