Aparat Lumpuhkan Anak Buah Undius Kogoya, Anak 7 Tahun Terkena Rekoset Peluru

Elpina Dwitaun, seorang anak jadi korban terkena rekoset peluru. (Foto: Ist)
Elpina Dwitaun, seorang anak jadi korban terkena rekoset peluru. (Foto: Ist)

TIMIKA | Aparat  gabungan TNI/Polri melumpuhkan dan menangkap Luther Japugau, anak buah kelompok bersenjata Undius Kogoya di Intan Jaya, Jumat (4/11/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/11/2022), mengatakan Luther Japugau ditangkap di kampung Yokatapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (4/11/2022) sekitar pukul 15.40 WIT -19.00 WIT.

Kapendam menjelaskan, saat akan dilaksanakan penangkapan, Luther melarikan diri ke arah Lapangan Yokatapa. Kemudian diberikan tembakan peringatan ke arah atas sebanyak 1 kali, namun masih berupaya melarikan diri, sehingga dilakukan tembakan terbidik ke arah kaki sasaran sebanyak 2 kali.

“Setelah berhasil dilumpuhkan, kemudian dievakuasi ke Puskesmas Sugapa,” katanya.

Tindakan melumpuhkan Luther rupanya berdampak pada Elpina Dwitau (7) yang terkena rekoset peluru di bagian pinggang kanan. Elpina kemudian dievakuasi ke Puskesmas Sugapa.

Kata Kapendam, aparat TNI/Polri sudah memberikan penjelasan kepada keluarga Elpina Dwitau, selanjutnya pihak keluarga  meminta aparat kampung memberikan jaminan perawatan terhadap Elpina Dwitau.

Selanjutnya pada Sabtu (5/11/2022), sekira pkl 07.32 WIT Elpina Dwitau dirujuk ke RS Nabire dengan didampingi oleh keluarga dan TNI-Polri yang ditunjuk untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Ia menambahkan, situasi wilayah di Intan Jaya pasca penangkapan dalam keadaan kondusif dan masyarakat beraktivitas normal.

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin Lolialang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.