APBD Mimika Tahun 2022 Ditetapkan Rp4,4 Triliun

SERAHKAN | Penyerahan dokumen APBD oleh Wakil Ketua I dan II DPRD kepada Bupati Mimika. (Foto: Ist/Seputarpapua)
SERAHKAN | Penyerahan dokumen APBD oleh Wakil Ketua I dan II DPRD kepada Bupati Mimika. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua telah ditetapkan senilai Rp4.480.308.612.225 atau Rp4,4 triliun.

Nilai ini ditetapkan dalam Rapat Paripurna penutupan pembahasan RAPBD Kabupaten Mimika Tahun 2022 yang dihadiri Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Sekda Michael Gomar dan para pimpinan OPD bersama Forkopimda di Kantor DPRD Mimika, Selasa (28/12/2021).

Dalam rapat itu tiga fraksi menerima RAPBD yakni Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem dan Fraksi Gerindra.

Sedangkan tiga fraksi lainnya juga menerima dan memberikan catatan-catatan kepada pemerintah diantaranya fraksi PDI-P, Fraksi Mimika Bangkit, Fraksi Kebangkitan Bangsa.

Penetapan APBD ditandangani bersama oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme dan Wakil Ketua II Johanes Felix Helyanan.

Dalam pandangan akhirnya fraksi Partai Golkar, Nasdem, dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyatakan setuju tanpa catatan.

Sementara itu Fraksi PDI-P menyetujui RAPBD 2022 dengan catatan pengusulan KUA dan PPAS Tahun anggaran 2023 sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, pemerataan pembangunan 18 distrik pada tahun 2023, azas keadilan dan pemerataan pembagian pagu anggaran untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga memberi catatan dalam seluruh pembahasan eksekutif dan legislatif Pemkab maupun DPRD tetap menjaga kesetaraan dalam bermitra serta tanggungjawab.

Sementara Fraksi PKB menginginkan Pemkab Mimika menjelaskan secara rinci berkaitan dengan penyelesaian hutang multiyears yang disebutkan dalam pidato nota keuangan.

Prioritas otonomi khusus bagi Orang Asli Papua (OAP) agar berpihak kepada masyarakat asli Papua.

Sementara itu, Fraksi Mimika Bangkit memberikan catatan agar dalam perencanaan anggaran, pemerintah meningkatkan inovasi yang lebih baik, sederhana, mudah dibaca dan dilaporkan.

Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme dalam penyampaiannya menekankan agar RAPBD yang telah disepakati Pemerintah dan DPRD harus tetap dikawal dan diawasi oleh semua semua pihak.

Hal ini kata dia untuk pemenuhan urusan terhadap bidang- bidang tertentu yang sudah diamanatkan dalam UU.

Dimana disadari bahwa pandemi ikut berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, sehingga perlu kuatkan sebagai fondasi diantaranya melalui kebijakan fiskal di tahun 2022 untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi.

“Selain itu lebih fokus kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kapasitas pelayanan publik. Juga di sertai penambahan sarana dan prasarana yang semakin baik guna terciptanya pelayanan publik yang berkualitas, infrastuktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi terutama di daerah pelosok pesisir dan pegunungan,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas sumbangsih pemikiran yang dituangkan dalam RAPBD yang kemudian telah ditetapkan.

Pandangan akhir fraksi merupakan bahan evaluasi dan koreksi bagi eksekutif.

“Pandangan akhir ini disampaikan untuk mengevaluasi dan menilai secara kritis mengenai pembangunan dan kesiapan kerja pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat pada tahun 2022,” kata Bupati.

Pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD pada hakekatnya merupakan wujud nyata berfungsinya lembaga legislatif sebagai mitra pemerintah yang dipercayakan oleh masyarakat untuk melaksanakan tugas sebagai keamanan rakyat kabupaten Mimika

“Sejumlah saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh dewan yang terhormat, dalam pandangan akhir fraksi merupakan koreksi dan harapan agar eksekutif selaku pelaksana kebijakan yang berada di daerah dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap materi raperda yang telah disepakati bersama. Koreksi dan pendapat dari dewan yang terhormat menjadi prioritas dan perhatian penuh dari eksekutif sehingga lebih memperkaya dan menyempurnakan dokumen anggaran daerah, ” tutur Bupati.

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.