Arus Balik Penumpang Kapal Pelni ke Mimika Diprediksi Mencapai 2500 Orang

Ilustrasi (Foto: Dok Seputarpapua)
TIMIKA | Kepala Pelni Mimika Rachmansyah Chaidir mengatakan bahwa, pihaknya memprediksi arus balik penumpang kapal Pelni ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah mencapai 2500 orang.
 
Chaidir saat ditemui wartawan, Jumat (5/1/2024), diruang kerjanya mengatakan, arus balik tahun 2024 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1800 penumpang. 
 
“Saat ini yang sudah masuk ke Timika sebanyak 1500 orang atau penumpang, diprediksi masih akan bertambah sekitar 800 sampai 1000 orang,” katanya.
 
Ia juga memprediksi puncak penumpang yang akan masuk ke Kabupaten Mimika sampai 18 Januari 2024 sekitar 2500 orang. 
 
“Tinggal lihat nanti Tatamailau muat berapa,” ujarnya.
 
Chaidir menyebut, siklus arus balik yang tinggi ke Kabupaten Mimika memang menjadi fenomena tahunan. Menurutnya, tingginya arus balik dikarenakan banyak penumpang yang membawa keluarga, bahkan ada juga yang ingin mengadu nasib di Mimika.
 
“Jadi memang kalau arus balik terkadang bisa sampai dua kali lipatnya,” katanya.
 
Para penumpang arus balik didominasi warga dari Tual dan Bitung yang menggunakan KM Tatamailau.
 
Sementara menurut data Pelni, untuk penumpang yang keluar dari Mimika tercatat sebanyak 1800 orang.
 
“Yang sudah ke luar kemarin dengan Sirimau ada sekitar 600 orang, Leuser juga sama sekitar 600 orang, ditambah Tatamailau, jadi yang ke luar Timika kemarin sekitar ada 1800 orang,” pungkasnya.
 
penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan