Asmat Terima Bantuan 200 Unit BTS dari Kementerian Kominfo

TERIMA | Bupati Asmat Elisa Kambu ketika menerima berita acara penyerahan 200 unit BTS dari Kekominfo
TERIMA | Bupati Asmat Elisa Kambu ketika menerima berita acara penyerahan 200 unit BTS dari Kekominfo

TIMIKA | Kabupaten Asmat, Provinsi Papua menerima bantuan 200 unit BTS dari Kementerian Komunikasi ada dan Informatika (Kominfo) RI.

Bupati Asmat, Elisa Kambu telah mengikuti pertemuan sekaligus penandatanganan komitmen pembangunan BTS di seluruh Indonesia termasuk Asmat.

Pertemuan berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada Senin (13/12/2021).

Penandatanganan komitmen ini berkaitan dengan kewajiban pemerintah daerah untuk memberikan akses kemudahan pembangunan BTS.

Kemudahan dimaksud diantaranya penyediaan lahan oleh pemerintah dan persyaratan administratif, yaitu izin mendirikan BTS dan memastikan bahwa proses pembangunan harus berlangsung aman dan lancar.

Selain itu, pemerintah daerah juga diwajibkan melibatkan masyarakat lokal dalam proses pembangunan mengingat ini merupakan pekerjaan dalam jumlah besar.

“Komitmen itu yang telah kami sepakati bersama,” katanya saat diwawancarai, Jumat (17/12/2021).

Bupati Elisa menyatakan, terkait dengan penyediaan lahan dan izin mendirikan BTS itu sendiri sudah dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Asmat.

“Kalau untuk tanggung jawab pemerintah daerah sudah selesai, sekarang tinggal kewajiban Kominfo untuk membangun,” ungkap Elisa.

Lebih lanjut, dijelaskan dari 200 unit BTS total bantuan, tahun 2021 sampai 2022 akan dikerjakan 180 unit.

Sedangkan 20 unit sisa akan dikerjakan di tahun 2023.

“Ini pencanangan kemarin, posisi hari ini sudah sekitar 4, akan dikerjakan terus sampai 2022,” ujar Elisa.

Bupati Asmat dua periode ini mengungkapkan, saat ini juga dalam pekerjaan pembangunan BTS sudah membuka akses untuk keterlibatan pengusaha lokal.

“Masyarakat lokal yang mau ikut ambil bagian bisa ikut juga. Kita juga berharap kualitas pembangunan juga supaya dijamin lah,” katanya.

Saat ini, di Kabupaten Asmat sudah ada 18 kampung yang terjangkau jaringan telekomunikasi.

Dengan adanya pembangunan 180 unit ini, maka semua daerah di Asmat sudah terjangkau jaringan telekomunikasi pada tahun 2023.

“Dipastikan bahwa kalau Sekarang 180 tambah 18 ini sudah 198. Jadi ya 2023 semua sudah terjangkau,” tutur Elisa.

Elisa berharap, dengan pembangunan BTS ini bisa memudahkan komunikasi masyarakat di Asmat dengan keluarganya di tempat lain.

Atas nama masyarakat Kabupaten Asmat, Elisa menyampaikan apresiasi dan penghargaan terima kasih kepada Bapak Presiden melalui Kemenkominfo dengan bantuan BTS ini.

“Bapak Presiden melalui Kemkominfo telah berjuang untuk menjangkau masyarakat kita dengan membangun BTS di berbagai daerah terpencil di tanah Papua, khusus kami di Kabupaten Asmat,” pungkas Elisa.

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.