ASN Sudah Punya Tanah Bisa Ajukan Kredit Bangun Rumah Bahkan Renovasi

ASN Kabupaten Mimika saat mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
ASN Kabupaten Mimika saat mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mau memiliki rumah pribadi, atau bahkan ingin merenovasi rumah kini dipermudah oleh Pemerintah.

Pasalnya, Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) telah bekerja sama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dalam program Wujudkan Rumah Pertama Bagi PNS.

Untuk itu, sebanyak 200 ASN yang diwakili oleh Kasubbag Kepegawaian dan Bendahara Pengeluaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika mengikuti sosialisasi dari pihak Tapera di Gedung Eme Neme Yauware, Senin (21/6/2022).

Wahyudi yang saat itu mewakili BP Tapera menjelaskan pihaknya memberikan sosialisasi kepada ASN agar bisa memanfaatkan pembiayaan dari Tapera, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR).

“Jadi kalau KPR itu adalah yang menyiapkan adalah Developer nanti bisa mengajukan pembiayaan dengan KPR. Kemudian kan ada teman-teman ASN yang sudah mempunyai tanah, bisa ajukan namanya kredit bangun rumah,” jelasnya ketika diwawancarai di Gedung Eme Neme Yauware dalam kegiatan pengetahuan tentang Taspen, BPJS Kesehatan dan Tapera bagi ASN.

Selain itu juga bagi ASN yang sudah memiliki rumah namun ingin meningkatkan huniannya ada bisa mengajukan kredit renovasi rumah.

“Yang sudah punya rumah tapi mungkin kamar belum tersedia dan mau menambah kamar ada namanya kredit renovasi rumah. Tiga produk ini yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman ASN,” jelasnya.

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas
tersebut, peserta Tapera hanya perlu
melakukan pemutakhiran data di Portal Kepesertaan sitara.tapera.go.id.

Wahyudi juga menjelaskan tidak hanya bagi ASN namun juga bagi seluruh TNI/Polri, BUMN termasuk juga pekerja mandiri untuk mendapatkan hunian atau rumah yang layak.

“Itulah nanti pembiayaannya adapun kita sudah kerjasama dengan bank Himbara nanti ikut serta mendukung terkait prodak-prodak yang kami berikan kepada teman-teman ASN/TNI Polri dan seluruh pekerja di Indonesia. Kami harap dengan adanya sosialisasi ini merupakan transfer knowlage dari kami sehingga teman-teman lebih memahami, mendapatkan kemudahan memenuhi kebutuhan rumah,” pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.