seputarpapua.com

Atasi Persoalan Sampah di Timika, DLH Tambah 25 Armada Angkut

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kepala DLH Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala DLH Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, tahun ini menambahkan 25 armada angkut sampah yang terdiri dari 10 unit Dump Truck dan 15 unit kendaraan roda tiga.

Selain 25 kendaraan dump truck dan roda tiga tersebut ada pula 10 gerobak sampah.

Kepala DLH, Limi Mokodompit kepada awak media, Rabu (10/3/2021) menerangkan, sumber dana pengadaan armada sampah tersebut dari Dana Alokasi Khusus(DAK), Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN).

“Tendernya sudah berjalan lewat LPSE, ini menggunakan dana DAK dan kami berharap bulan Maret ini armada itu susah ada,” jelasnya.

Untuk 15 unit kendaraan roda tiga, Limi menjelaskan, akan digunakan untuk armada pengangkutan dari TPS ke DLH dan membantu membackup kendaraan lainnya.

Limi menjelaskan, tahun lalu, DLH juga mendapatkan bantuan dump truck sebanyak lima unit, dan saat ini sedang beroperasi. Kendaraan tersebut menggantikan kendaraan yang sudah lama dan tidak layak digunakan lagi.

Sementara itu Limi menjelaskan untuk APBD, pihaknya lebih pada penanganan bagian operasional, seperti petugas.

“Memang dengan penambahan armada ini, petugas harusnya ditambah tapi kita sesuaikan dengan kemampuan fiskal kita, APBD kita karena hari ini kan kita baru menerima DPA jadi kita akan melihat mana yang terakomodir, mana yang tidak. Kalau APBN sudah jelas, kalau APBD kan baru hari ini kami tau, apa apa saja yang diakomodir dan disetujui,” ucapnya.

Berita Terkait
Baca Juga