Atlet Peraih Emas PON XX Papua Terima Bonus Rp4,9 miliar dari Freeport

Sekum PB PON XX Papua, Elia Loupatty saat menyerahkan bonus dari PT Freeport kepada Pelatih Sepak bola Putra Papua, Eduard Ivakdalam. (Foto: Adi/Seputarpapua)
Sekum PB PON XX Papua, Elia Loupatty saat menyerahkan bonus dari PT Freeport kepada Pelatih Sepak bola Putra Papua, Eduard Ivakdalam. (Foto: Adi/Seputarpapua)

JAYAPURA | PT. Freeport Indonesia memberikan apresiasi berupa bonus kepada tim sepak bola putra Papua dan atlet peraih medali emas pada ajang PON XX lalu.

Total bonus yang diberikan PT. Freeport sebesar Rp4,9 Miliar. Penyerahan bonus  secara simbolis di kantor Otonom, Kotaraja, kota Jayapura, Rabu (9/4).

Dari jumlah tersebut, Rp1 miliar akan diterima oleh tim sepak bola putra Papua sementara Rp.m3,9 miliar diberikan bagi atlet peraih emas di PON XX.

“Bagi kami, kami menghargai semua preamstasi, perjuangan dan usaha mulai dari pembinaan di masing-masing cabor sampai event PON. Itu suatu proses panjang yang menghaslikan atlet yang berprestasi,” kata Denny J Rumayomi, perwakilan PT Freeport Jayapura, Rabu.

Pihaknya berharap, prestasi atlet Papua terus dikembangkan event-event selanjutnya bukan hanya pada ajang PON.

“Sehingga atlet dari Papua tidak berakhir saja di event PON tetapi juga di event selanjutnya untuk mengharumkan nama Papua,” ujarnya.

Sementara, Sekum PB PON XX Papua, Elia Loupatty mengapresiasi bonus dari PT Freeport Indonesia tersebut.

Elia menjelaskan, dana itu sudah ditransfer di rekening PB PON XX Papua sejak Januari 2022 lalu. Namun, penyerahan secara simbolis baru bisa  dilakukan hari ini. 

“Kami hanya akan meneruskan misalnya untuk Tim Sepakbola Putra yang medali emas sebesar Rp1 miliar. Dan kami tidak ambil sepeserpun. Nah, bagaimana cara pembagiannya nanti itu jadi urusan tim (sepakbola) dan kami tidak intervensi begitu juga dengan PT Freeport,” jelas Elia.

Dirinya juga menyampaikan apersiasi kepada PT Freeeport yang begitu peduli terhadap para atlet sekaligus berkontribusi dalam dunia olahraga di Papua.

“Saya kira sejak PB PON berusaha dengan Pemda Papua, PT Freeport juga punya peran besar dalam menyiapkan venue di Kabupaten Mimika. Apalagi venuenya bertaraf internasional dan masih terawat hingga saat ini, itu sangat luar biasa,” kata Elia.

Di tempat yang sama, Wakil ketua II KONI Papua, George W membenarkan bahwa dana tersebut sudah ada di rekening PB PON XX Papua.

Sehingga pihaknya hanya membantu memberikan para atlet berperstasi yang meraih emas di PON.

“Kita akan memberi data namun dengan catatan bahwa penerima bantuan dana dari Freeport itu harus para atlet potensial PON XX dan masih berpeluang mengikuti PON berikutnya,” katanya

“Nah, mereka itu yang jadi prioritas kami yang utama. Kita akan siapkan datanya dan kita akan serahkan kepada Freeport sesuai dengan dana yang diberikan kepada para atlet tersebut,” tambah George.

Sementara Pelatih Tim Sepakbola Putra Papua PON XX, Eduard Ivakdalam berharap, setelah menerima bonus para atlet peraih medali tetap termotivasi pada ajang PON di Aceh dan Sumatera nanti.

“Jadi dengan adanya PT. Freeport memberikan bonus atlet-atlet ini punya semangat dan mempersiapkan diri dari sekarang, supaya bisa mempertahankan prestasi atau meningkatkan di PON berikut,” kata Kaka Edu sapaan akrabnya.

reporter : Adi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.